Wednesday, March 16, 2011

GNOMEO AND JULIET

Sutradara : Kelly Asbury
Pengisi suara : James McAvoy,Emily Blunt,Michael Caine,Jason Statham,Maggie Smith,Ashley Jensen,Matt Lucas,Patrick Stewart,Ozzy Osbourne,Stephen Merchant,Julie Walters,Richard Wilson,Jim Cummings,Hulk Hogan
Musik : Chris P. Bacon,James Newton Howard,Elton John,Lady Gaga,Bernie Taupin
Studio : Starz Animation,Rocket Pictures
Distributor : Touchstone Pictures
Tanggal rilis : 11 Februari 2011
Durasi : 84 menit

Ibu Montague dan Pak Capulet adalah tetangga yang rumahnya bersebelahan tetapi saling bermusuhan. Uniknya walaupun bermusuhan, kedua tetangga itu mempunyai kegemaran yang sama yaitu mengkoleksi patung-patung gnome (sejenis kurcaci) di taman rumahnya masing-masing. Tetapi yang membedakan, patung-patung gnome di taman Ibu Montague memakai topi dan baju berwarna biru sehingga disebut gnome biru sedangkan di taman Pak Capulet memakai topi dan baju warna merah sehingga disebut gnome merah.

Ternyata seperti film Toy Story, patung-patung gnome itu bisa hidup ketika tidak dilihat oleh manusia. Uniknya lagi, patung-patung gnome biru dan merah itu juga saling bermusuhan seperti manusia-manusia yang mengkoleksinya.

Dari masing-masing jenis gnome itu muncul 2 jagoan yang selalu diandalkan ketika kedua jenis gnome itu bertanding balap mesin pemotong rumput yaitu Gnomeo di pihak gnome biru dan Tybalt di pihak gnome merah.

Permusuhan kedua jenis gnome itu semakin meruncing ketika dalam suatu pertandingan balap mesin pemotong rumput,Tybalt menang dengan curang.


Tetapi walaupun dalam keadaan permusuhan yang semakin memuncak, gnomeo bertemu dengan gnome merah wanita bernama Juliet yang menyusup masuk ke taman gnome biru karena tertarik dengan bunga anggrek milik gnome biru.
Walaupun berasal pada pihak yang saling bermusuhan bahkan mereka adalah anak dari pemimpin masing masing kelompok yang bermusuhan yaitu Gnomeo anak dari Lady Bluebury (pemimpin gnome biru) dan Juliet anak dari Lord Redbrick (pemimpin gnome merah), kedua patung gnome itu saling jatuh cinta dan menjadi sepasang kekasih.
(ceritanya memang mirip dengan kisah Romeo and Juliet karya William Shakespeare karena film ini memang terinspirasi dari sana, judulnya saja sudah mirip kan?).

Gnomeo dan Juliet terpaksa menjalin hubungan secara diam-diam karena mereka sadar bahwa hubungan mereka pasti tidak disetujui oleh kaumnya masing-masing yang saling bermusuhan itu, untungnya mereka mempunyai sahabat yang tetap mendukung hubungan mereka yaitu patung katak betina bernama Nanette (sahabat Juliet) dan patung jamur bernama Shroom (sahabat Gnomeo)

Lebih menggembirakan lagi, Gnomeo dan Juliet mendapat sahabat baru yang juga mendukung hubungan mereka yaitu patung bangau dari plastik bernama Featherstone.
Featherstone memang sangat mendukung hubungan Gnomeo dan Juliet karena dia sendiri mengalami sendiri betapa sakitnya kegagalan cinta. Dulu Featherstone juga mempunyai kekasih bangau plastik betina tetapi terpaksa berpisah karena manusia yang memiliki mereka pindah rumah dan hanya patung bangau plastik betina yang dibawa pergi sedangkan Featherstone dibuang ke gudang.
Oleh karena itulah, Featherstone selalu berhasil mendamaikan Gnomeo dan Juliet ketika sedang bertengkar.

Tetapi akhirnya hubungan gelap Gnomeo dan Juliet ketahuan juga oleh gnomeo biru maupun merah, ketika Gnomeo dan Juliet sedang berkencan di kebun Featherstone mereka terlihat oleh Benny (gnome biru) dan Tybalt (gnome merah) yang kebetulan berada di tempat itu secara bersamaan.

Melihat gnome biru musuhnya, Tybalt yang mengendarai mesin pemotong rumput dan memegang pisau langsung menyerang Benny sehingga topi Benny patah.
Melihat temannya dilukai, Gnomeo walaupun tidak bersenjata dengan berani menyerang Tybalt dan terjadilah pertarungan yang seru. Akibat pertarungan itu, mesin pemotong rumput yang dikendarai Tybalt menabrak tembok sehingga Tybalt hancur berkeping-keping dan tewas.

Tewasnya Tybalt karena kendaraannya menabrak dinding itu ternyata menimbulkan suara yang sangat keras sehingga para gnome biru maupun merah berdatangan.
Para gnome merah yang melihat Tybalt, jagoan mereka tewas langsung mengamuk dan menyerang para gnome biru. Terjadilah perang pertama antara gnome merah melawan gnome biru.

 Pertempuran terus berlangsung sampai para gnome terbawa di pinggir jalan raya. Karena terlihat oleh manusia, para gnome itu langsung diam seperti wujud asli mereka yaitu patung (para patung memang selalu berusaha menyembunyikan kemampuan mereka untuk bisa hidup pada manusia).
Tetapi karena hal itu, Gnomeo yang berada di pinggir jalan tersenggol kaki manusia dan jatuh ke tengah jalan kemudian terlindas truk sehingga muncul pecahan-pecahan keramik yang berarti Gnomeo tewas berkeping-keping.

Para gnome merah langsung pulang karena sudah puas melihat salah satu gnome biru juga hancur, tinggal para gnome biru yang bersedih karena Gnomeo, jagoan mereka tewas.

Akibat peristiwa pertempuran para gnome itu, di pihak gnome merah, Lord Redbrick melekatkan kaki Juliet pada puncak patung menara dengan lem sehingga Juliet tidak bisa pergi kemana-mana.
 Sedangkan di pihak gnome biru, mereka menyusun rencana perang untuk membalas kematian Gnomeo. Benny dengan keahlian komputernya berhasil memesan sebuah mesin pemotong rumput yang besar dan mengerikan dari internet.

Merasa sudah punya senjata andalan, para gnome biru menyerang gnome merah sehingga terjadilah perang kedua antara gnome merah melawan gnome biru.
Para gnome merah terdesak dengan senjata andalan gnome biru yaitu mesin pemotong rumput raksasa bahkan mesin pemotong raksasa itu siap menghancurkan patung menara tempat Juliet dikurung.

Untung sekali, sebelumnya sahabat Gnomeo yaitu Shroom si patung jamur tahu bahwa Gnomeo belum mati. Pecahan keramik yang dilihat para gnome sebenarnya bukan Gnomeo tetapi berasal dari teko keramik yang jatuh dari truk sedangkan Gnomeo berhasil bergantung di truk sehingga terbawa truk.
Shroom juga bisa mengikuti truk yang membawa Gnomeo sehingga tahu bahwa gnomeo terdampar di sebuah lapangan golf yang ada patung William Shakespeare.

Shroom dan Featherstone berhasil menjemput Gnomeo yang waktu itu juga hampir tewas karena jatuh dari patung William Shakespeare yang berukuran raksasa itu.
Sesampainya di tempat perang para gnome, Gnomeo yang melihat Juliet dalam keadaan bahaya karena akan diterjang mesin pemotong rumput raksasa segera naik ke puncak menara untuk menyelamatkan Juliet.
Tetapi terlambat, mesin pemotong rumput raksasa menerjang patung menara sehingga hancur berkeping-keping bersama Gnomeo dan Juliet.

Tetapi tragedi yang menimpa Gnomeo dan Juliet itu membawa hikmah, para gnome baik biru maupum merah yang sangat sedih melihat kematian Juliet si gnome merah dan Gnomeo si gnome biru akhirnya sadar, betapa mengerikannya akibat dari permusuhan dan perang sehingga mereka sepakat untuk berdamai.
Lebih menggembirakan lagi, tiba-tiba dari reruntuhan menara muncul Gnomeo dan Juliet yang ternyata masih hidup!

Akhirnya perdamaian antara patung gnome merah dan biru semakin dimantapkan dengan menikahnya Gnomeo dan Juliet.

Opini saya tentang film ini :
Memang kelihatan sekali bahwa film ini diadaptasi dari cerita Romeo and Juliet karya William Shakespeare yang termashyur itu, tetapi untung saja sudah dimodifikasi sehingga ceritanya berakhir happy ending.
Karena bagaimanapun juga, anak-anak tetap lebih suka menonton film happy ending daripada film yang berakhir tragis.

Menurut saya film animasi produksi Touchstone Pictures ini tidak kalah dibanding film-film animasi Walt Disney. Tidak hanya kualitas gambarnya tetapi musiknya juga bagus. Pantas saja karena ada nama pemusik besar di film ini yaitu Elton John dan Lady Gaga.

Akhir kata, film ini cukup saya rekomendasikan.

7 comments:

  1. hehehe.. maaf terpaksa tabuat ga bisa dicopas karena dah putus asa nih, banyak dicopas dah tanpa ijin, ga sebutkan sumbernya lagi.
    Tapi kalau benar-benar butuh sinopsisnya silahkan sebutkan email anda nanti sinopsisnya takirim via email

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolong donk di email ke sarkamibenk@yahho.com untuk tugas sekolah terima kasih ya pak...

      Delete
  2. ok dah saya kirim, baru sempat sekarang sih karena sibuk jadi ga sempat buka blog.
    Jgn lupa sumbernya ditulis ya....

    ReplyDelete
  3. feiby070696@yahoo.com
    tolong kirim ya pak :)

    ReplyDelete
  4. 999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999

    ReplyDelete