Saturday, January 14, 2012

SPACE DOGS 3D


Genre : adventure
Sutradara : Inna Evlannikova, Svyatoslav Ushakov
Pengisi suara : Elena Yakovleva,Anna Bolshova,Yevgeny Mironov, Sergey Garmash, Aleksandr Bashirov
Tanggal rilis : 18 Maret 2010
Durasi : 85 menit

Film animasi Rusia yang diangkat dari kisah nyata ini diawali ketika pada tahun 1961, seekor anak anjing bernama Pushok dikirim dari Rusia oleh Presiden Rusia pada waktu itu yaitu Nikita Khrushchev sebagai hadiah kepada Caroline yang merupakan putri presiden Amerika pada waktu itu yaitu John F. Kennedy.

Mengapa Pushok bisa sedemikian hebat sehingga bisa dihadiahkan oleh Presiden Rusia kepada Presiden Amerika? Pushok memang anak anjing biasa tetapi ibunya yaitu Belka yang merupakan anjing luar biasa karena ia adalah anjing pertama yang ke luar angkasa dan mengelilingi orbit Bumi kemudian kembali dengan selamat.
Setelah bertemu dengan binatang-binatang peliharaan Caroline yang lain, Pushok dengan bangga menceritakan pengalaman ibunya yang luar biasa itu kepada teman-teman barunya. Begini ceritanya :

Pada awalnya, Belka (dalam bahasa Rusia berarti tupai) adalah anjing pemain sirkus di kota Moscow di Rusia. Belka terpaksa pergi dari sirkusnya karena terpaksa menggantikan babi yang tugasnya melakukan atraksi naik roket karena babi itu menjadi terlalu gemuk.
Karena belum benar-benar menguasai cara mengemudikan roket sirkus, roket yang ditumpangi Belka terlempar sangat jauh dari sirkus dan terdampar di jalanan.

Belka tersesat dan tidak bisa kembali ke sirkus tapi untung Belka mendapat 2 sahabat baik yaitu seekor tikus bernama Venya dan seekor anjing jalanan bernama Strelka (dalam bahasa Rusia berarti anak panah kecil).

Sama seperti Belka, Strelka sebenarnya juga bukan benar-benar anjing jalanan.Strelka pernah dipelihara oleh seorang anak laki-laki tetapi ketika berjalan-jalan di taman, Strelka tersesat dan tidak bisa pulang.
Strelka sangat terobsesi bisa terbang ke langit karena ibunya sering berkata bahwa ayah Strelka adalah kumpulan bintang-bintang di langit yang memang berbentuk seperti anjing padahal sebenarnya yang dianggap sebagai ayah Strelka itu adalah rasi bintang Sirius.

Seperti biasanya jika hidup di jalanan, Belka dan kawan-kawan punya musuh yaitu 3 anjing jalanan yang suka merampok yaitu Bula, Mula dan Pirate.
Pada suatu hari, ketika sedang dikejar-kejar oleh Bula, Mula dan Pirate, Belka bersama Strelka dan Venya tertangkap oleh petugas penangkap binatang liar.

Belka, Strelka dan Venya ternyata dibawa ke suatu tempat di kota Baikonur untuk dilatih menjadi astronot hewan.
Pada waktu itu, Rusia berhasil membuat pesawat ruang angkasa bernama Sputnik tetapi sebelum dikendarai oleh manusia, Sputnik harus diuji coba dulu kepada hewan. Memang sengaja dipilih anjing jalanan karena anjing jalanan dianggap fisiknya lebih kuat daripada anjing rumahan (Sebelumnya Rusia pernah menguji coba Sputnik pada 3 anjing rumahan tetapi ketiga anjing itu tewas di ruang angkasa).
Selama kurang lebih 1 bulan, Belka, Strelka, Venya bersama puluhan anjing dan tikus lain dilatih menjadi astronot. Sebagai pelatih adalah seekor anjing bernama Kapten Kazbek.

Belka dan Strelka tentu saja sangat senang menjadi calon astronot karena sesuai dengan obsesi mereka masing-masing yaitu Strelka ingin bertemu dengan ayahnya yang bintang di ruang angkasa itu. Sedangkan Belka sebagai pemain sirkus tentu saja ingin terkenal dan yang lebih penting, jika sudah terkenal Belka pasti bisa bertemu lagi dengan teman-teman sirkusnya di sirkus.
Oleh karena itulah Belka dan Strelka berlatih dengan giat agar bisa lolos seleksi menjadi astronot. Tetapi halangan selalu ada karena musuh Belka dan kawan-kawan sewaktu masih di jalanan yaitu Mula dan Pirate ternyata juga tertangkap oleh penangkap hewan liar dari pendidikan astronot hewan sehingga sekarang bergabung dengan Belka dan kawan-kawan untuk dilatih menjadi astronot.

Celakanya, Mula dan Pirate juga berambisi menjadi astronot hewan sehingga ketika pendidikan telah selesai dan diadakan seleksi, Mula dan Pirate berusaha menang seleksi dengan cara curang.
Pada awalnya dengan cara liciknya, Mula dan Pirate berhasil unggul dalam proses seleksi tetapi pada seleksi bagian akhir, Belka, Strelka dan Venya dengan kegigihannya berhasil menang dan terpilih untuk menjadi astronot hewan.
Akhirnya pada tanggal 19 Agustus 1960, Belka, Strelka dan Venya bersama 40 tikus lainnya terbang ke ruang angkasa dengan pesawat Sputnik 5.

Belka dan kawan-kawan berhasil menjalankan misi ruang angkasanya dengan baik yaitu mengganti baterei yang telah habis pada sebuah satelit buatan Rusia.
Perjalanan pulang ke bumi sebenarnya juga bisa berjalan baik tapi sayang sekali, Strelka melihat rasi bintang Sirius yang dianggap sebagai ayahnya itu. Dengan nekadnya, Strelka membelokkan arah Sputnik 5 dari tujuan ke Planet Bumi membelok ke arah Rasi Bintang Sirius.

Lebih gawat lagi, pesawat Sputnik 5 yang dikendarai Belka dan kawan-kawan ternyata menuju ke arah kumpulan meteorit panas. Salah satu meteorit panas menabrak Sputnik 5 sehingga terjadilah kebakaran.
Untung di saat yang sangat genting itu tiba-tiba muncul Kapten Kazbek yang ternyata pada waktu peluncuran Sputnik 5 secara diam-diam menyusup masuk ke dalam pesawat Sputnik 5. Berkat bantuan Kapten Kazbek, kebakaran berhasil dipadamkan.

Lebih menggembirakan lagi, Belka dengan pengalamannya mengemudikan roket sirkus berhasil membelokkan arah pesawat Sputnik 5 ke arah yang benar yaitu ke Planet Bumi.
Belka dan kawan-kawan akhirnya berhasil mendarat di Bumi dengan selamat dan disambut sebagai pahlawan.

Sebenarnya mengapa dulu Kapten Kazbek mempertaruhkan nyawanya dengan menyusup ke pesawat Sputnik 5? Hal itu sebenarnya karena Kapten Kazbek jatuh cinta kepada Belka sehingga rela mempertaruhkan nyawanya untuk menjaga keselamatan Belka dan Belka pun membalas cinta Kapten Kazbek.

Belka, Strelka dan Venya semuanya berakhir dengan bahagia yaitu : Strelka bisa kembali kepada pemiliknya sehingga tidak lagi menjadi anjing jalanan dan yang lebih membahagiakan lagi, Strelka bisa bertemu lagi dengan ibunya.
Sedangkan Venya walaupun kembali ke jalanan tetapi ia menjadi pelatih astronot bagi hewan-hewan yang ingin belajar.

Bagaimana dengan Belka? Belka kembali menjadi pemain sirkus dan dari hasil perkawinannya dengan Kapten Kazbek menghasilkan 6 anak, salah satunya yaitu Pushok dipelihara oleh putri Presiden Amerika.

Opini Saya Tentang Film Ini :
Film animasi produksi Rusia ini ternyata bagus juga, tidak kalah dengan produksi Walt Disney atau Dreamworks.
Lebih menarik lagi, film animasi ini diangkat dari kisah nyata. Belka dan Strelka memang anjing pertama yang sampai ruang angkasa dan berhasil mendarat dengan selamat di bumi setelah membuat 17 orbit dalam waktu lebih dari 25 jam.

Berikut ini saya tampilkan foto asli Belka dan Strelka setelah keberhasilannya mendarat di bumi :

Setelah meninggal dunia, jasad Belka dan Strelka diawetkan dan dipasang di Museum Cosmonautics di Moskow bersama pesawat Sputnik 5. Berikut ini saya tampilkan fotonya :

5 comments:

  1. Yang butuh kerjaan, mending kerja online:

    http://www.paidtotyping.com/?id=ptambu11

    Bukti pembayaran :
    http://imageshack.us/photo/my-images/710/gambarbuktibayar.jpg

    ReplyDelete
  2. Space dogs! Wau, ternyata ceritanya seru dan menegangkan, ya. Pertama kali aku menonton space dogs, yaitu di channel global tv. Aku cukup mengerti bagaimana ceritanya. Namun, aku masih sedikit bingung. Akhirnya, aku mencari di internet.
    Thanks banget, ya!

    ReplyDelete
  3. Br liat film 3d produksi russia di antv,jam 10pagi,ttg beruang n gadis kecil gt,filmnya gak sampe 15menit,tp animasinya..ckckckckckc....bikin melongo,huebaaaaaaaaaaaat!!!! Lbh hebat dr hollywood pnya...beneran!!!

    ReplyDelete