Thursday, September 2, 2010

THE ANT BULLY

Genre : Komedi Fantasi
Sutradara : John A. Davis John A. Davis
Pengisi suara : Zach Tyler Eisen, Julia Roberts,Nicolas Cage,Meryl Streep,Paul Giamatti ,Regina King ,Bruce Campbell,Lily Tomlin
Studio : Legendary Pictures,DNA Productions,Playtone
Distributor : Warner Bros
Durasi : 89 menit
Tanggal rilis : 28 Juli 2006

Lucas Nikel adalah seorang anak berusia 10 tahun yang sangat kesepian. Apalagi ketika kedua orang tuanya pergi berlibur ke Puerto Vallarta untuk merayakan ulang tahun perkawinannya.
Di rumah memang ada kakak perempuan Lucas yang bernama Tiffany Nikel dan nenek Lucas yang biasa dipanggil Mommo. Tetapi mereka berdua kurang memperhatikan Lucas karena Tiffany sibuk dengan handphonenya sedangkan Mommo juga sibuk dengan hal-hal yang berhubungan dengan UFO dan Alien.



Untuk menghilangkan rasa kesepiannya, Lucas mencoba bergaul dengan teman-teman sebayanya tetapi hal itu juga gagal. Tubuh Lucas yang kecil membuat Lucas sering diganggu oleh temannya yang berbadan besar bernama Mullet Boy.
Mullet Boy sering menghina Lucas dengan ucapan “I am big and you are small” (saya besar dan kamu kecil). Anak-anak lain tidak ada yang berani membela Lucas karena takut dengan badan Mullet Boy yang besar.

Lucas melampiaskan kekesalannya pada Mullet Boy dengan mengganggu semut-semut yang bersarang di halaman rumahnya. Lucas sering menembak sarang semut itu dengan pistol air bahkan menyemprotnya dengan selang air sambil berkata “I am big and you are small”. Hal itu tentu saja sangat menganggu para semut sehingga mereka menjuluki Lucas sebagai The Destroyer (Si Penghancur).
Tetapi Lucas tidak menyadarinya bahkan Lucas sudah mengontrak seorang pembasmi serangga bernama Stan Beals untuk menyemprot pestisida di halaman rumah Lucas.

Para semut merasa jengkel dengan ulah Lucas tetapi mereka sadar bahwa tidak mungkin melawan Lucas. Akhirnya seorang ahli sihir para semut yang bernama Zoc mendapat ide cemerlang untuk mengalahkan Lucas.
Zoc berhasil membuat ramuan yang bisa mengkerutkan tubuh manusia menjadi sekecil semut dan Zoc juga berhasil memasukkan ramuan itu ke tubuh Lucas melalui telinganya ketika Lucas sedang tidur.
Setelah tubuh Lucas mengecil menjadi seukuran semut, Zoc dan teman-temannya segera membawa Lucas ke sarang semut.

Di sarang semut, Lucas dihadapkan ke pengadilan semut yang dipimpin oleh ratu semut. Para semut menuntut agar Lucas dihukum mati tetapi untung Sang Ratu Semut masih mempunyai belas kasih, Lucas tidak dihukum mati tetapi diharuskan menjalani kerja paksa di dunia semut.
Lucas akan dibebaskan jika ia sudah bisa bekerja seperti semut sehingga bisa memahami betapa sulitnya menjadi semut. Ratu Semut menunjuk istri Zoc yang bernama Hova untuk melatih Lucas agar bisa bekerja seperti semut.

Lucas tentu saja sangat kesulitan untuk bekerja seperti semut biarpun sudah didampingi oleh Hova karena struktur tubuhnya sebagai manusia sangat berbeda dengan tubuh semut yang berkaki 6 dan bisa merayap di tembok.
Tetapi akhirnya Lucas bisa menarik simpati para semut dan dianggap pahlawan ketika sarang semut diserang oleh para tawon pemangsa semut. Lucas berhasil meledakkan sebuah mercon sehingga para tawon pemangsa semut terbang ketakutan.

Sekarang semua semut bersimpati kepada Lucas tetapi sayangnya ada seekor semut yang masih benci kepada Lucas yaitu Zoc si ahli sihir. Zoc masih menganggap Lucas sebagai musuh karena sempat melihat Lucas lari meninggalkan Hova ketika Hova tertangkap oleh seekor tawon pemangsa semut. Setelah itu Lucas memang berhasil meledakkan mercon yang membuat para tawon pemangsa semut lari ketakutan tetapi Zoc tetap benci kepada Lucas.
Tetapi untunglah kebencian Zoc kepada Lucas bisa hilang karena melihat betapa gigihnya Lucas belajar menjadi semut termasuk belajar merayap di tembok. Bahkan Zoc yang membebaskan Lucas ketika Lucas ditelan oleh seekor kodok.

Lucas sudah diterima oleh para semut tetapi Lucas ingat bahwa ia pernah mengontrak Stan Beals si pembasmi serangga untuk menyemprotkan pestisida yang bisa membunuh semua serangga di halaman rumahnya termasuk para semut sahabatnya.
Lucas sudah berusaha mengajak beberapa sahabat semutnya masuk ke rumah Lucas kemudian Lucas dengan susah payah menelepon Stan Beals untuk membatalkan kontrak pembasmian serangga. Tetapi hal itu gagal karena Lucas salah menelepon penjual pizza.

Akibatnya keesokan paginya Stan Beals datang dengan peralatan penyemprot pestisidanya dan siap membunuh para serangga. Pada awalnya para semut gembira karena Stan Beals datang dengan mobil yang dihiasi boneka semut raksasa. Para semut mengira boneka semut raksasa itu adalah nenek moyang para semut.
Para semut memang percaya bahwa suatu ketika nenek moyang para semut akan datang dan membawa kemakmuran bagi para semut.

Tetapi Lucas berhasil membenarkan kesalah pahaman para semut. Akibatnya para semut panik dan siap menghukum mati Lucas karena Lucas yang memanggil Stan Beals si pembasmi serangga.
Untunglah Lucas bisa dibebaskan setelah menemukan ide cemerlang untuk mengalahkan Stan Beals. Lucas menyarankan agar Zoc menggunakan ramuan pengkerutnya untuk mengkerutkan tubuh Stan Beals. Hal itu tentu saja sangat sulit bahkan mustahil karena para semut tidak mungkin memasukkan ramuan Zoc ke telinga Stan Beals yang tingginya ribuan kali tinggi tubuh semut itu.

Akhirnya Lucas menemukan ide cemerlang lagi tetapi sangat berbahaya yaitu dengan minta bantuan tawon pemangsa semut yang bisa terbang.
Lucas dan Zoc datang ke sarang tawon pemangsa semut dan menawarkan kerjasama. Pada awalnya para tawon pemangsa semut menolak tawaran kerjasama itu bahkan berniat memakan Zoc dan Lucas.
Tetapi untungnya pada saat itu salah satu tawon pemangsa serangga tewas terkena semprotan pestisida Stan Beals sehingga membuat para tawon pemangsa semut setuju dengan tawaran Zoc dan Lucas.


Lucas dan para semut naik tawon pemangsa semut dengan membawa penyemprot ramuan Zoc kemudian terbang ke telinga Stan Beals.
Tetapi sangat sulit untuk memasukkan ramuan Zoc ke telinga Stan Beals karena Stan Beals terus menyemprotkan pestisidanya ke arah para serangga sehingga banyak yang tewas. Lebih gawat lagi, Stan Beals memakai penutup telinga.

Tetapi untunglah sahabat Lucas yaitu 2 ekor kumbang berhasil masuk ke celana Stan Beals kemudian dengan sengatnya berhasil menyuntikkan ramuan Zoc  ke tubuh Stan Beals. Akibatnya tubuh Stan Beals mengkerut menjadi sebesar anak-anak berumur 10 tahun dan tidak lagi kuat mengangkat alat penyemprot pestisida.
Apalagi para tawon menyerang Stan Beals dengan sengatannya sehingga Stan Beals lari ketakutan.

Lucas kembali menjadi pahlawan sehingga membuat Ratu Semut merasa hukumannya untuk Lucas selesai. Zoc memberi ramuan lagi kepada Lucas sehingga tubuh Lucas bisa kembali membesar menjadi berukuran manusia normal.

Biarpun sudah menjadi manusia normal, Lucas tetap tidak melupakan sahabatnya para semut, Lucas sering memberikan permennya kepada para semut. Tidak hanya itu, Lucas juga bisa membebaskan anak-anak lainnya dari penindasan Mullet Boy si tubuh besar.

Pada awalnya anak-anak takut dengan tubuh Mullet Boy yang besar apalagi Mullet Boy mengeluarkan slogan ancamannya yaitu “I am big and you are small”.
Tetapi Lucas bisa membuat slogan tandingan yang bisa membakar semangat anak-anak lain yaitu : “Yes, I am small and we are small but together we are big” (saya memang kecil, kami semua juga kecil tetapi jika bersama-sama kami bisa besar).

Para anak-anak terbakar semangatnya sehingga sepakat mengeroyok Mullet Boy yang selama ini menindasnya, akibatnya Mullet Boy lari ketakutan dan tidak lagi berani mengganggu anak-anak lainnya.

Opini saya tentang film ini :
Dari sinopsis yang sudah saya ceritakan sudah terlihat bahwa cerita film ini seru kan? Gambar 3D nya juga cukup bagus karena menggunakan teknologi animasi IMAX 3D yang juga digunakan pada film Polar Express, Monster vs Aliens, Avatar dan Toy Story 3.
Tetapi di pasaran film ini dinilai kurang sukses karena dari biaya pembuatannya yang mencapai 50 juta dolar amerika, film ini hanya menghasilkan pemasukan kotor sebesar 55 juta dolar amerika. Mungkin hal itu karena di pasaran sudah ada film animasi dengan tema semut juga yaitu ANTZ dan A Bug's Life

2 comments:

  1. it's good story i am like

    ReplyDelete
  2. Lumayan menarik film ini. Lagi nonton nih.

    ReplyDelete