Saturday, September 12, 2009

TORTOISE VS HARE

Sutradara : Howard E. Baker,Arish Fyzee
Produksi : Unstable Fables
Pengisi suara : Danny Glover,Jay Leno,Vivica A. Fox,Keke PalmerDrake Bell
Tanggal rilis : 9 September 2008
Durasi : 76 minute

Film ini diawali dengan permusuhan antara seekor kelinci bernama Murray dan seekor kura-kura bernama Walter. Waktu itu mereka sedang bertanding dalam sebuah lomba lari.
Murray dengan struktur tubuhnya sebagai kelinci sebenarnya bisa mengalahkan Walter yang seekor kura-kura dengan mudah tetapi dia mempunyai sifat buruk yaitu suka meremehkan lawan dan sering tertidur.
Murray yang tertidur pada saat lomba lari akhirnya kalah oleh Walter. Suatu hal yang sangat memalukan bagi Murray.

Lima belas tahun telah berlalu Murray dan Walter bahkan sudah mempunyai anak dan istri tetapi permusuhan mereka tetap berkobar-kobar, terutama Murray yang sangat dendam dengan kekalahannya.
Hingga suatu ketika diadakan lomba lintas alam yang pesertanya adalah pasangan ayah dan anak bernama MT Impossible Nature Adventure Race (MTINAR). Murray yang sangat dendam pada Walter menantangnya ikut dalam lomba itu. Akhirnya mereka berdua ikut dalam lomba, Murray didampingi anak laki-lakinya yang bernama Butch sedangkan Walter didampingi anak perempuannya yang bernama Crystal.
Selain pasangan Murray kelinci dan Butch kura-kura ikut juga pasangan ayah-anak babi dan tikus tanah, jadi peserta MTINAR ada 4 pasangan.

Lomba MT Impossible Nature Adventure Race dibagi dalam 4 tahap yaitu :
  • Lomba Balap Sepeda
  • Menyeberangi sungai dengan kano
  • Menyusuri hutan
  • Menyeberangi jurang kemudian mencapai finish di puncak bukit

Pada 3 tahap pertama, pasangan ayah-anak Murray dan Walter selalu memimpin di depan dan mereka bersaing dengan serunya.
Sampai pada tahap terkhir yang paling berbahaya yaitu ketika para peserta harus melintasi jurang yang sangat dalam dengan hanya melewati jembatan kecil yang sangat rapuh. Murray dan Walter berhasil menyeberangi jembatan dan sampai di seberang jurang tetapi jembatannya runtuh sehingga anak-anak mereka tidak bisa menyusul mereka.
Butch dan Crystal terpaksa menyusul ayah-ayah mereka melewati jalan lain.

Perjalanan Butch dan Crystal untuk menyusul ayah-ayahnya ternyata sangat sulit dan berbahaya yaitu harus melewati danau yang penuh dengan ikan hiu dan buaya.
Tetapi di saat-saat yang sulit itu akhirnya Butch dan Crystal sadar bahwa tidak ada gunanya mereka bermusuhan, mereka berdua akhirnya sepakat untuk berdamai kemudian bekerjasama untuk membuat pesawat layang (gantole) dari tenda yang akan digunakan untuk menyeberangi danau.
Butch dan Crystal berhasil menyeberangi danau tetapi setelah itu muncul halangan lain yang lebih sulit yaitu datang badai salju.
Sayangnya berdamainya Butch dan Crystal tidak diikuti dengan ayah-ayah mereka, Murray dan Walter tetap bermusuhan dengan sengit biarpun sama-sama terjebak dalam badai salju.

Murray dan Walter akhirnya bisa bertemu dengan anak-anaknya tetapi mereka berempat tergulung dalam bola salju yang menggelinding dan hampir masuk jurang. Untungnya di saat yang sangat membahayakan itu, Murray dan Walter akhirnya menyadari bahwa pendapat anak-anak mereka benar, tidak ada gunanya mereka bermusuhan.
Setelah mereka berempat bisa lolos dari bola salju, mereka sepakat untuk bergabung dalam satu tim dan akan bersama-sama menuju garis finish.

Biarpun tim Murray kelinci dan tim Walter kura-kura telah berkoalisi, berhasilkah mereka menang dalam MT Impossible Nature Adventure Race? Ternyata tidak karena tim tikus tanah dengan kemampuannya menerobos tanah berhasil mencapai finish terlebih dahulu.

Koalisi Tim Murray dan Walter memang sudah kalah, tetapi hal itu tidak menjadi masalah bagi mereka karena mereka sekarang sudah bisa bersatu dan merasakan bahwa bagaimanapun juga, perdamaian tetap lebih indah dan nikmat daripada permusuhan.


Opini saya tentang film ini :
Seperti film animasi sekarang, gambar film ini sudah menggunakan format 3 dimensi yang cukup indah dan realistis. Selain itu pada film ini juga banyak terdapat adegan-adegan lucu.
Tetapi yang lebih penting lagi, pada film ini mengandung pesan moral bahwa dendam dan permusuhan hanya akan menghasilkan rasa jengkel dan penderitaan tetapi perdamaian akan menghasilkan kebahagiaan bahkan pada saat mengalami kekalahan seperti yang terjadi pada tim koalisi Murray kelinci dan Walter kura-kura. Mereka tetap bisa bahagia biarpun kalah pada MT Impossible Nature Adventure Race.

No comments:

Post a Comment