anim-button
Untuk film non animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :

Monday, October 26, 2009

LITTLE SPIRIT : CHRISTMAS IN NEW YORK

Sutradara : Leopoldo Gout, Susan Holden
Pengisi suara : Shawn Andrew, Todd Cummings, Michael Hall D'Addario, Danny DeVito, Ramsey Faragallah
Produksi : Curious Pictures
Tanggal rilis : 10 Desember 2008
Durasi : 60 minutes

Jenis alur cerita cerita yang dipakai film ini adalah jenis cerita berbingkai yaitu dalam satu film ada 2 cerita yang berbeda tetapi saling berhubungan.
Sebagai “bingkai cerita” adalah seorang sopir taxi yang disuruh sepasang suami istri untuk mengantar kedua anak perempuannya ke rumah baru mereka pada waktu Malam Natal. Di tengah jalan taxi yang mereka tumpangi terjebak kemacetan lalulintas.
Sambil menunggu lalu lintas kembali normal, si sopir taxi bercerita kepada kedua penumpang kecilnya tentang cerita persahabatan seorang anak laki-laki bernama Leo dengan mahkluk halus kecil (Little Spirit), begini ceritanya :

Tepat di Malam Natal, Leo harus pindah ke rumah barunya di New York karena ibunya mendapat pekerjaan baru di sana. Sebenarnya Leo merasa sangat sedih karena harus berpisah dengan teman-temannya tetapi ada satu hal yang membuat Leo tetap bahagia yaitu anjing kesayangannya yang bernama Ramona diijinkan ikut ke New York.
Sesampainya di New York, untuk melupakan kesedihannya, Leo berjalan-jalan di taman kota dengan Ramona anjing kesayangannya.

Ketika sedang berjalan-jalan Leo diganggu oleh seorang anak nakal tetapi Ramona memang benar-benar anjing yang berbakti kepada majikannya, Ramona menyalak dengan galak dan membuat anak yang mengganggu Leo ketakutan. Anak itu begitu ketakutannya sehingga langsung lari dan handphonenya tertinggal tetapi Ramona terus mengejarnya.
Ramona mengejar terlalu jauh sehingga terpisah dengan Leo yang tentu saja sangat sedih kehilangan anjing kesayangannya. Leo dan ayahnya sudah berusaha mencari Ramona kemana-mana tetapi tidak berhasil menemukannya. Akhirnya karena sudah sangat lelah dan malam sudah semakin larut, Leo dan ayahnya memutuskan untuk pulang dan akan meneruskan pencarian Ramona pada keesokan harinya.

Sesampainya di rumah, terjadi sebuah mukjizat, Leo yang sangat sedih didatangi mahkluk halus kecil (Little Spirit) yang baik hati. Little Spirit itu bersedia membantu Leo mencari Ramona.
Little Spirit ternyata mempunyai kekuatan gaib yaitu bisa berpindah ke tempat lain dalam waktu cepat dengan cara menerobos pohon Natal yang pada waktu itu memang ada banyak karena sedang Malam Natal. Jika Little Spirit dan Leo masuk menerobos sebuah Pohon Natal maka mereka akan keluar dari Pohon Natal lain di tempat lain yang letaknya bisa sangat berjauhan.

Tetapi biarpun sudah dibantu dengan kekuatan gaib Little Spirit dan sudah menjelajahi separuh kota New York, Leo tetap tidak bisa menemukan Ramona. Bahkan ketika menerobos sebuah Pohon Natal terjadi sedikit kekacauan sehingga Leo terpisah dengan Little Spirit.
Walaupun terpisah dengan Little Spirit dan sangat sedih karena tidak bisa menemukan Ramona, Leo tetap bersikap baik dan ramah kepada orang-orang yang ditemuinya, hal itu membuat mereka terkesan. Yang lebih mengharukan, Leo mau mengembalikan handphone anak nakal yang pernah mengganggunya di taman, anak itu tentu saja sangat gembira karena ia hampir dihajar kakak laki-lakinya karena menghilangkan handphone.

Leo akhirnya bisa bertemu lagi dengan Little Spirit. Karena sangat lelah mereka memutuskan untuk pulang dan ternyata di rumah mereka menemukan petunjuk tempat Ramona berada. Televisi di rumah mereka menyiarkan secara langsung Ramona yang sedang dikurung oleh petugas kota New York karena merobohkan sebuah Pohon Natal besar ke jalan raya dan merusakkan sebuah mobil milik petugas kota New York.

Dengan kekuatan gaib Little Spirit, Leo bisa sampai di tempat Ramona dengan cepat. Tetapi ternyata petugas kota New York tidak mau menyerahkan Ramona kepada Leo karena Ramona sudah membuat kesalahan fatal dan harus dibuang ke luar kota.
Untunglah perbuatan-perbuatan baik Leo ketika sedang mencari Ramona membuahkan hasil, orang-orang yang terkesan dengan kebaikan Leo (termasuk anak nakal yang handphonenya dikembalikan Leo) mendesak petugas kota untuk menyerahkan Ramona kepada Leo.
Petugas Kota New York akhirnya luluh hatinya dan mengembalikan Ramona.
Akhirnya Leo bisa bersatu lagi dengan Ramona, anjing kesayangannya.
Bagaimana dengan Litlle Spirit yang baik hati? Karena merasa tugasnya dengan Leo sudah selesai ia berpamitan dengan Leo untuk menolong orang lain di tempat lain yang butuh pertolongan.Opini saya tentang film ini :
Hal pertama yang membuat saya kagum dengan film ini adalah kualitas desain grafisnya yang luar biasa…
Bagian-bagian kecil seperti ranting-ranting pohon atau butiran-butiran salju yang turun digambarkan luar biasa detilnya seperti gambar yang saya tampilkan berikut ini :Selain itu, cerita film ini yang bertema Natal yang mengharukan dan ditunjang dengan lagu-lagu Natal yang indah, memang benar-benar cocok untuk suasana Natal. Sayangnya saya menemukan film ini tidak pada waktu Natal, jika saya menemukan film ini tepat pada waktu Natal, pastilah Natal saya akan terasa sangat indah…

No comments:

Post a Comment