anim-button
Untuk film non animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :

Monday, August 10, 2009

GARFIELD FUNFEST

Sutradara : Mark A.Z. Dippe
Pengisi suara : Frank Welker,Jim Conway,Gregg Berger,Wally Wingert,Alorey Wasilwesko,Jason Mareden
Produksi : Paws Inc & Wonderworld Studios
Tanggal rilis : 5 Agustus 2008
Durasi : 75 menit

Seperti film TV nya, film ini menceritakan pengalaman seekor kucing bernama Garfield yang dipelihara oleh seorang pemuda bernama John. Selain memelihara Garfield, John juga memelihara seekor anjing bernama Odie.
Suatu ketika kota tempat tinggal Garfield (Comic City) mengadakan festival yang sudah rutin diadakan setiap tahun yaitu Fun Fest. Pada Fun Fest, setiap warga kota melakukan atraksi lawak di panggung kemudian yang dianggap paling lucu dinyatakan sebagai pemenang.

Pada Fun Fest tahun-tahun sebelumnya selalu dimenangkan oleh Garfield dan pasangannya seekor kucing betina bernama Arlene. Sayangnya hal itu membuat Garfield menjadi sombong, Garfield sering membangga-banggakan dirinya dan meremehkan peserta Fun Fest lainnya.
Pada Fun Fest tahun ini, Arlene menyarankan Garfield untuk menampilkan tarian Tango tetapi Garfield yang merasa lebih pintar dengan sombong menolak usulan itu. Pada saat yang mengecewakan Arlene itu, muncul seekor kucing besar bernama Ramone yang bersedia menjadi pasangan tango Arlene pada Fun Fest.
Arlene yang sedang kecewa segera menerima Ramone dan meninggalkan Garfield.

Garfield sebenarnya merasa lemah tanpa Arlene tetapi karena sifat sombongnya, dia merasa gengsi untuk minta maaf kepada Arlene. Garfield yang sudah tidak percaya diri lagi itu teringat dongeng tentang sebuah Danau Ajaib yang dijaga oleh seekor katak bernama Freddie. Menurut legenda, siapa yang meminum air danau itu akan menjadi pelawak yang sangat lucu.
Kebetulan sahabat Garfield yaitu seekor anjing bernama Odie menemukan peta Danau Ajaib itu. Maka Garfield yang sangat ingin kembali menjadi juara Fun Fest tahun ini segera pergi mencari Danau Ajaib bersama Odie.

Perjalanan menuju Danau ajaib memang sangat berat dan melelahkan tetapi Garfield dan Odie yang pantang menyerah akhirnya sampai ke hutan tempat Danau ajaib.
Di hutan, Garfield dan Odie sempat bertanya letak Danau ajaib kepada binatang-binatang penghuni hutan tetapi jawaban binatang-binatang itu selalu membingungkan dan penuh teka-teki.
Garfield dan Odie yang gigih akhirnya memang berhasil memecahkan teka-teki binatatang-binatang penghuni hutan kemudian berhasil menemukan jalan ke danau ajaib tetapi Garfield tidak menyadari bahwa teka-teki binatang-binatang hutan itu mengandung pesan moral tentang kejujuran dan kerendah hatian. Hal itu karena yang dipikirkan Garfield hanyalah menang di Fun Fest.

Garfield dan Odie berhasil menemukan sebuah danau dan mengira danau itu adalah danau ajaib tetapi ternyata tidak karena datang seekor katak yang ternyata adalah Freddie si penjaga Danau Ajaib.
Lagi-lagi sebelum menunjukkan letak danau ajaib yang sesungguhnya, Garfield mendapat pesan moral tentang kerendah hatian dari Freddie tetapi Garfield yang masih sombong tidak juga menyadarinya.
Setelah melalui perjuangan berat, Garfield dan Odie akhirnya sampai di danau ajaib. Garfield memasukkan air danau ajaib pada sebuah kantong untuk dibawa ke Comic City. Biarpun Freddie membantu Garfield dan Odie dengan meminjami Gantole untuk terbang ke Comic City, Freddie sempat berpesan bahwa Garfield masih belum cukup siap untuk mengikuti Fun Fest tetapi Garfield tidak menghiraukannya dan terbang ke Comic City.

Setelah sampai di Comic City ternyata Fun Fest sudah dimulai. Ramone yang berpasangan dengan Arlene dengan tarian tangonya berhasil mempesona penonton. Tapi ternyata Ramone yang kejam hanya memikirkan menang di Fun Fest dan Arlene dipaksa melakukan gerakan-gerakan acrobat yang sangat menyiksa.
Garfield yang melihat hal itu segera mengeluarkan air danau ajaib untuk bisa menandingi Ramone. Tetapi ternyata kantung tempat menyimpan air danau ajaib pecah dan air danau ajaib sudah hilang entah kemana.

Tanpa air danau ajaib, Garfield merasa tidak percaya diri dan memutuskan untuk mundur saja dari Fun Fest. Untunglah tiba-tiba datang Freddie dan memberi dukungan kepada Garfield.
Menurut Freddie, Garfield sebenarnya tidak butuh air danau ajaib dengan syarat Garfield harus menghilangkan sifat sombongnya kemudian berpikir untuk menghibur penonton dan bukan hanya untuk menang festival.

Berkat pesan moral dari Freddie, Garfield berani tampil di Fun Fest kemudian berhasil menyelamatkan Arlene dan akhirnya kembali menjadi juara Fun Fest.
Selain itu, setelah melalui pertarungan yang seru, Garfield berhasil membongkar siapa sebenarnya Ramone.
Ternyata Ramone sebenarnya adalah seekor kucing yang sudah dikenal Garfield, dia merasa sakit hati karena selalu dihina dan diremehkan oleh Garfield, siapakah dia?
Agar lebih puas silahkan menonton sendiri film yang seru dan lucu ini.

Opini saya tentang film ini :
Film Garfield memang sudah dibuat serialnya di TV tetapi menurut saya pada film ini ada 2 kelebihan dibanding film TVnya yaitu :
  • Pada film TV gambarnya 2 dimensi tetapi pada film ini dibuat 3 dimensi sehingga terlihat lebih hidup.
  • Pada film ini penuh pesan moral yaitu untuk mencapai keberhasilan tidak cukup hanya dengan sikap gigih dan pantang menyerah saja tetapi harus disertai dengan kepedulian pada orang lain. Dilarang keras untuk sombong apalagi sampai meremehkan orang lain seperti Garfield. Tidak mungkin seseorang bisa sukses tanpa bantuan orang lain. Ya kan..?

1 comment:

  1. Saku seneng banget kalo liat garfield, kucingnya lucu dan MonTok, nduwt, hehehe

    ReplyDelete