anim-button
Untuk film non animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :

Thursday, October 27, 2011

LEGEND OF A RABBIT


Genre : action comedy
Sutradara : Sun Lijun
Pengisi suara : Fan Wei, Yan Ni, Zhang Fengyi, Zhang Yishan, Pu Cunxin
Produksi : Tianjin North Film Group, China Golddeal Investment Co. Ltd, Beijing
Tanggal rilis : 11 Juli 2011
Durasi : 90 menit

Pada jaman dahulu kala di Cina ada sebuah perguruan kungfu yang besar dan bergengsi bernama Perguruan Huxiaoguan (auman harimau). Perguruan Huaxiaoguan dipimpin oleh seekor monyet bernama Master Shifu.
Master Shifu punya 2 murid yang paling senior yaitu anaknya sendiri yang bernama Peony dan seekor panda bernama Slash.

Sebenarnya Slash lebih hebat ilmu kungfunya dibanding Peony tetapi karena tabiat Slash buruk maka Master Shifu berniat mewariskan Perguruan Huxiaoguan kepada Peony. Hal itu tentu saja membuat Slash sakit hati maka Slash dengan licik memanfaatkan suasana ketika Master Shifu sedang sendirian karena Peony sedang keluar kota dan murid Master Shifu yang lain yaitu seekor kelinci bernama Biggie juga tidak ada di Perguruan Huxiaoguan karena disuruh Master Shifu untuk menjemput Peony.

Ketika Master Shifu sedang sendirian itulah Slash dan teman-temannya mengeroyok Master Shifu untuk merebut sebuah plat yang merupakan tanda pemilik Perguruan Huxiaoguan (plat itu rencananya akan diberikan Master Shifu kepada Peony).
Karena sudah tua dan dikeroyok, Master Shifu kalah tetapi walau terluka parah, Master Shifu sempat melarikan diri dengan membawa plat perguruan dan pingsan di jalan sebuah desa.

Master Shifu yang pingsan karena luka parah ditolong oleh seekor kelinci penjual kue bernama Tu. Walaupun Tu terlihat gemuk dan bodoh tapi ia ahli membuat ramuan obat untuk mengobati luka-luka Master shifu.
Tapi karena luka Master Shifu terlalu parah, ia akhirnya tewas. Sebelum meninggal, Master Shifu menurunkan ilmu kungfunya kepada Tu sebagai balas budi.
Cara Master Shifu menurunkan ilmu kungfunya kepada Tu memang aneh yaitu Master Shifu dan Tu berpegangan tangan kemudian Master shifu menyalurkan ilmunya sehingga Tu tetap saja tidak sadar bahwa sekarang ia mempunyai ilmu kungfu yang hebat.

Sebelum meninggal, Master shifu juga sempat memberikan Plat Perguruan Huxiaoguan kepada Tu dan berpesan agar Tu mencari Peony di kota kemudian memberikan Plat itu kepada Peony.
Tu menepati janjinya pada Master Shifu maka ia berhenti berjualan kue dan pergi ke kota untuk mencari Peony.

Di tengah perjalanan Tu sempat bertemu dengan Peony dan Biggie, waktu itu Tu sedang dirampok. Sebenarnya dengan ilmu yang diturunkan dari Master Shifu, Tu bisa mengalahkan perampok dengan mudah tetapi karena ia tidak tahu sudah punya ilmu kungfu maka akhirnya Peony yang mengalahkan perampok-perampok itu dengan ilmu kungfunya.

Yang lebih disayangkan lagi, Tu dan Peony sempat berkenalan tapi Tu salah mendengar nama Peony sebagai Pony maka Tu tetap tidak sadar bahwa ia telah bertemu dengan gadis yang dicarinya maka mereka berpisah untuk melanjutkan perjalannya sesuai tujuan masing-masing.
Sebenarnya tujuan Tu dan Peony sama yaitu ke Perguruan Huxiaoguan tapi mereka melalui jalan yang berbeda.
Tujuan Peony pulang ke perguruannya adalah mencari kabar tentang Master Shifu yang sudah lama menghilang.

Walaupun melalui jalan yang berbeda, Peony dan Tu sampai di Perguruan Huxiaoguan. Peony yang akhirnya tahu bahwa Slash telah merebut Perguruan Huxiaoguan dengan cara licik tentu saja marah dan bertarung dengan Slash.
Tetapi lagi-lagi dengan cara yang licik, Slash mengalahkan Peony, untung Peony bisa melarikan diri sehingga tidak terbunuh.
Nasib Tu lebih parah lagi karena terjadi kesalah pahaman dengan para karyawan Perguruan Huxiaoguansehingga Tu menjadi pembantu juru masak Perguruan Huxiaoguan.

Walaupun berhasil melarikan diri bersama Biggie, Peony terluka sangat parah kemudian pingsan. Untung Peony ditemukan lagi oleh Tu yang kemudian membawa Peony pulang ke rumahnya dan dirawat hingga sembuh. Tetapi sayang sekali, Tu tetap menganggap Peony sebagai Pony sehingga Tu tetap tidak merasa telah menemukan gadis yang dicari-carinya.

Kesalahan Tu yang konyol  itu membuat gemas arwah Master Shifu sehingga ia datang di mimpi Tu. Dalam mimpinya, Tu ditemui oleh Master Shifu kemudian Master Shifu berkata pada Tu bahwa ia sudah punya ilmu kungfu yang hebat asal Tu bisa menggunakan “hati” nya.

Setelah bangun tidur, Tu tentu saja kebingungan apakah yang dimaksud dengan menggunakan “hati” oleh Master Shifu tetapi akhirnya Tu tahu arti pesan Master Shifu itu yaitu Tu bisa menjadi benar-benar jago kungfu jika ia juga yakin dengan dirinya sendiri bahwa ia memang jago kungfu.
Maka keesokan harinya semua juru masak Perguruan Huxiaoguan terheran-heran melihat Tu bisa mengerjakan tugas-tugas memasaknya dengan cepat karena Tu memakai ilmu kungfunya. Tidak hanya itu, Tu juga bisa mengalahkan semua pendekar senior Perguruan Huxiaoguan yang sering mengganggunya.

Keadaan menjadi semakin berbahaya karena Slash akhirnya tahu tempat persembunyian Peony maka ia menyuruh anak buahnya untuk datang ke rumah Tu dan menangkap Peony. Untung Peony tidak ada di rumah Tu karena sudah sembuh dan pergi ke Perguruan Huxiaoguan untuk balas dendam pada Slash.
Tetapi di rumah Tu, para anak buah Slash bertemu dengan Tu dan terjadilah perkelahian. Walaupun sudah punya ilmu kungfu yang hebat tetapi akhirnya Tu kalah karena dikeroyok. Tu ditangkap dan menjadi tawanan Slash.

Sementara itu, Peony dan Biggie sampai di Perguruan Huxiaoguan. Pada waktu itu Slash mengundang semua pendekar negri Cina ke Perguruan Huxiaoguan dan berkata bahwa sekarang ia adalah pemilik Perguruan Huxiaoguan. Tidak hanya itu, Slash juga mengatakan bahwa sekarang ia adalah pendekar kungfu paling hebat di negri Cina.

Para pendekar negri Cina tentu saja membantah kebohongan dan kesombongan Slash itu karena Slash tidak bisa menunjukkan plat tanda pemilik Perguruan Huxiaoguan. Tetapi Slash tidak takut dengan bantahan para pendekar itu bahkan ia malah menantang bertarung dan tampilah beberapa pendekar untuk menantang Slash.
Tetapi ternyata Slash memang benar-benar jago kungfu, semua pendekar yang menantangnya bisa ditaklukkannya.

Melihat para pendekar bisa dikalahkan Slash sehingga tidak ada lagi yang berani menantang Slash, Peony turun ke gelanggang dan mengenalkan dirinya sebagai Peony sang putri Master Shifu kemudian menantang Slash. Tapi Slash memang terlalu kuat sehingga Peony kalah dan siap dibunuh.

Untung walaupun berada di tahanan, Tu sempat mendengar Peony memperkenalkan dirinya. Dengan ilmu kungfunya, Tu bisa meloloskan diri dari tahanan dan turun ke gelanggang untuk menyelamatkan Peony.


Tu berhasil menyelamatkan Peony tapi plat tanda pemilik Perguruan Huxiaoguan terebut oleh Slash. Tu teguh pada janjinya pada Master Shifu untuk memberikan plat Perguruan Huxiaoguan pada Peony maka ia bertarung mati-matian melawan Slash.


Setelah melalui duel yang seru, Tu berhasil mengalahkan Slash maka Perguruan Huxiaoguan jatuh kepada yang berhak yaitu Peony.

Opini saya tentang film ini :
Walaupun terlihat sekali bahwa film animasi Cina ini meniru-niru film Kungfu Panda tetapi lumayanlah untuk hiburan karena ceritanya tidak rumit dan banyak adegan lucu serta pertarungan yang seru.


Tetapi sayang sekali di film ini tidak ada kalimat-kalimat pesan moral yang sangat bagus seperti pada film Kungfu Panda yang bisa membuat saya terkesan seperti : 
"Yesterday is history, tomorrow is a mistery, but today is a gift" atau "Life is full of bitterness, but don't let it stay in your heart" dan lain-lain.

3 comments:

  1. BAgusan juga Kungfu Panda, adegannya kocak banget kalo Kungfu Panda, itu kan gambarnya tulisannya Kungfu Panda: "One of the best movies of the year", tapi kalo Legend of A Rabbit: "One of the worst movies of the year"! Kungfu Panda ada "pelajaran dalam kehidupan" nya, ini mah GAK ADA! AMIT AMIT LEGEND OF A RABBIT GW DUKUNG

    ReplyDelete
  2. mending antagonisnya daripada protogonisnya

    ReplyDelete