anim-button
Untuk film non animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :

Saturday, August 27, 2011

Barbie: A Fashion Fairy Tale


Genre : fantasi
Sutradara : william Lau
Pengisi suara : Diana Kaarina,Adrian Petriw,Tabitha St. Germain
Tanggal rilis : 14 September 2010
Durasi : 79 menit

Pada serial barbie kali ini, diawali dengan Barbie yang sedang frustasi berat karena menghadapi 2 masalah besar. Masalah pertama, Barbie yang berprofesi sebagai bintang film dipecat dari film yang sedang dibintanginya karena berbeda pendapat dengan sutradara.
Sedangkan masalah kedua, Barbie putus cinta dengan pacarnya yaitu Ken.

Sebenarnya putusnya hubungan cinta Barbie dan Ken adalah gara-gara ulah rival bebuyutan Barbie yaitu Raquelle.
Raquelle meminta Ken membacakan naskah drama yang isinya pernyataan memutuskan hubungan dengan pacar kemudian  tanpa sepengetahuan Ken, Raquelle merekam suara Ken itu kemudian mengirimkannya ke handphone Barbie sehingga seolah-olah Barbie diputus cintanya oleh Ken.
Raquelle melakukan perbuatan jahat itu karena ia juga jatuh cinta pada Ken (tapi pada serial Barbie setelah film ini yaitu Barbie a Fairy Secreet, diceritakan bahwa Raquelle bisa berdamai dengan Barbie).

Untung 2 sahabat Barbie yaitu Grace dan Teresa mengetahui perbuatan jahat Raquelle dan berhasil menyadarkan Ken tetapi sudah terlambat karena Barbie sudah pergi ke Paris bersama anjing pudel betina kesayangannya, Sequin.

Barbie merasa satu-satunya cara untuk melupakan semua masalah besarnya hanyalah dengan pergi ke tempat bibinya yaitu Millicent di Paris.
Untuk menyelesaikan masalah cintanya dengan Barbie, Ken menyusul Barbie ke Paris.

Setelah melalui perjalanan panjang, Barbie sampai di rumah Bibi Millicent yang mempunyai usaha rumah mode atau butik. Di rumah mode Bibi Millicent, Barbie berkenalan dengan desainer busana Bibi Millicent yaitu Alice dan 2 hewan peliharaan Bibi milicent yaitu seekor anjing jantan bernama Jacques dan seekor kucing betina bernama Jiliana.
Sama seperti Alice, Jacques walaupun seekor anjing tapi juga ahli merancang pakaian (hahaha... agak tidak masuk akal ya.. tapi biar saja, film animasi memang biasanya begini kan?).

Tapi sayang sekali, rumah mode Bibi Millicent bangkrut dan sudah dijual ke perusahaan kue hotdog bernama Hotdogeteria. Hanya tinggal beberapa hari lagi rumah mode Bibi Milicent harus diserah terimakan kepada Hotdogeteria.
Sebenarnya penyebab bangkrutnya Rumah mode Bibi Millicent bukan karena pakaian rancangannya jelek tetapi karena perbuatan licik rumah mode milik Jacqueline yang letaknya di depan rumah mode Bibi Millicent.


Kelicikan Jacqueline adalah pakaian rancangan Bibi Millicent dan Alice ditiru oleh Jacqueline dan asistennya yang bernama Delphine, karena Jacqueline lebih gencar berpromosi akibatnya para konsumen merasa rancangan Bibi Millicent dan Alice adalah rancangan Jacqueline sehingga para konsumen pergi ke rumah mode Jacqueline, maka bangkrutlah rumah mode Bibi Millicent.
Sangat disayangkan sekali karena asisten Bibi Mlllicent yaitu Alice sangat berbakat merancang pakaian hanya ia kurang percaya diri.

Untung Alice mengetahui rahasia rumah mode Bibi Millicent yaitu pada salah satu ruang di rumah mode Bibi Millicent dihuni oleh mahkluk sejenis peri yang bisa membantu merancang pakaian. Tapi sayang sekali Alice tidak bisa membaca buku yang berisi mantra untuk memanggil mahkluk halus itu karena tulisannya memakai huruf Prancis Kuno.
Untung sekali barbie pernah bermain di film yang bertema Prancis Kuno yaitu film yang berjudul The Three Musketeer sehingga ia bisa membaca mantra pemanggil mahkluk ajaib.

Setelah Barbie membaca mantra kuno, benar-benar muncul 3 mahkluk kecil yang mirip sekali peri dan ternyata mahkluk-mahkluk itu sangat ramah dan bersahabat.
Walaupun sangat mirip dengan peri tetapi ketiga mahkluk itu tidak mau dipanggil peri (fairy) tetapi Flairy karena mereka tidak punya sayap seperti peri.
Ketiga flairy itu memang benar-benar punya kekuatan gaib yang bisa membantu mendesain pakaian yaitu :
  • Flairy berwarna pink bernama Shine yang bisa membuat pakaian menjadi bersinar
  • Flairy berwarna ungu bernama Shimmer yang bisa membuat pakaian menjadi berkilauan
  • Flairy berwarna coral (gabungan pink dan oranye) berwarna Glimmer yang belum jelas kemampuannya apa tapi sebenarnya ia punya kemampuan lebih diantara kedua flairy lainnya hanya masalahnya sama seperti Alice yaitu kurang percaya diri.

Rasa kurang percaya diri memang bisa berakibat fatal ya... karena menghambat bakat yang dimiliki.

Karena sudah ada 3 mahkluk ajaib yang bisa membantu merancang pakaian maka Barbie, Alice dan Bibi Millicent bertekad merancang pakaian sebanyak-banyaknya dan  mereka akan mengadakan fashion show untuk menjualnya. Direncanakan fashion show akan  diadakan pada hari jumat sehingga hasil penjualannya bisa dipakai untuk menebus lagi rumah mode sebelum hari serah terima ke Perusahaan Hotdogeteria yaitu pada hari sabtu.

Tetapi 3 flairy itu juga tetap punya kelemahan yaitu tidak bisa mendesain pakaian tetapi hanya menghiasnya itupun jika ketiga flairy itu terinspirasi dengan desain pakaiannya maka untuk mengantisipasinya, Barbie mengajak Alice jalan-jalan keliling kota Paris agar bisa mendapat ide merancang pakaian-pakaian indah yang bisa menginspirasi para flairy.
Usaha Barbie itu ternyata berhasil karena bisa dihasilkan pakaian-pakaian yang indah. Bahkan Jacques si anjing juga bisa menghasilkan pakaian-pakaian indah  walaupun pakaian untuk anjing dan Sequin sebagai modelnya.

Tetapi sayang sekali, ketika para flairy sedang menghias pakaian hasil rancangan Alice, mereka ketahuan Jacqueline dan Delphine maka muncul lagi akal licik Jacqueline.
Jacqueline dan Delphine berhasil menculik para flairy kemudian memaksa mereka untuk menghias pakaian hasil rancangan Jacqueline (sebenarnya adalah rancangan Bibi Millicent dan Alice yang dijiplak).

Para flairy sudah memperingatkan bahwa mereka hanya bisa menghias suatu desain pakaian jika terinspirasi oleh desain pakaian itu dan jika dipaksakan maka hasil hiasan fairy tidak permanen.
Tetapi Jacqueline dan Delphine tidak perduli dengan peringatan para flairy dan berhasil memaksa ketiga flairy untuk menghias pakaian karena tahu kelemahan flairy yaitu disemprot parfum murahan yang baunya menyengat.

Walaupun kehilangan para flairy tetapi demi menyelamatkan rumah modenya, Barbie bersama Alice dan Bibi Millicent tetap akan menggelar fashion show di hari jumat walaupun akan menampilkan rancangan pakaian yang tidak dihias oleh para flairy.
Perkembangan berikutnya ternyata cukup menguntungkan karena Sequin bersama Jacques dan Jilliana akhirnya tahu bahwa para flairy telah diculik oleh Jacqueline dan Delphine kemudian berhasil membebaskannya.

Tetapi tampaknya semua jerih payah Barbie dan kawan-kawan sia-sia karena ketika tiba hari jumat, fashion Show yang diberi nama Fashion Fairy Tale itu sepi pengunjung dan hanya dihadiri 1 orang wakil dari perusahaan Hotdogeteria.
Rupanya Jacqueline berhasil melakukan promosi dengan gencar sehingga para penggemar mode lebih tertarik untuk datang ke fashion show yang diadakan oleh Jacqueline.

Untung saja karena para fairy menghias pakaian jacqueline dengan terpaksa maka hasil hiasannya tidak permanen sehingga hiasan para fairy itu luntur ketika sedang diperagakan oleh para peragawati Jacqueline. Para penonton fashion show Jacqueline tentu saja kecewa dan segera pindah ke fashion show Bibi Millicente.

Karena pada dasarnya rancangan bibi Millicente dan Alice bagus dan ditambah dihias oleh para flairy maka para penonton sangat tertarik dan membeli dengan harga tinggi.
Pada kesempatan ini, munculah kemampuan sebenarnya dari Glimmer si flairy coral, ternyata Glimmer punya kemampuan lebih dibanding kedua flairy lainnya yaitu jika flairy lain hanya bisa menghias maka Glimmer bisa membuatnya menjadi desain baru.
Glimmer bisa mengeluarkan kemampuannya karena rasa percaya dirinya sudah tumbuh.

Akhirnya dari fashion show, Barbie dan kawan-kawan bisa mengumpulkan cukup uang untuk menebus lagi rumah modenya.
Kegembiraan Barbie semakin lengkap karena walaupun dengan susah payah, Ken bisa sampai di Paris dan bertemu dengan Barbie. Melihat perjuangan Ken maka Barbie bisa menerima kembali Ken.

Sebagai akhir dari film ini, Glimmer si flairy yang sudah punya rasa percaya diri itu bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya yaitu mengubah mobil yang ditumpangi Barbie dan kawan-kawan menjadi kereta kencana yang indah.

Opini saya tentang film ini :
Seperti serial Barbie lainnya, film ini cukup menghibur karena kualitas desain grafis dan lagu-lagunya yang cukup indah.
Dan seperti serial Barbie lainnya, di film ini ada kata mutiara yang berhubungan dengan cerita filmnya yaitu : MAGIC HAPPENS WHEN YOU BELIEVE IN YOURSELF (keajaiban bisa terjadi jika kamu percaya pada dirimu sendiri).

1 comment: