anim-button
Untuk film non animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :

Saturday, July 2, 2011

3 PIGS AND A BABY


Genre : drama komedi
Sutradara : Howard E. Baker,Arish Fyzee
Pengisi suara : Jon Cryer,Brad Garrett,Steve Zahn,Jesse McCartney
Musik : Jim Lang
Tanggal rilis : 4 Maret 2008
Durasi : 76 menit

Mason, Richard, dan Sandy adalah 3 babi bersaudara yang selalu diburu oleh para srigala yang kebiasaannya adalah berburu babi di malam bulan purnama.
Diceritakan bahwa Mason dan kedua adiknya sangat tangguh dan sulit ditangkap sehingga pemimpin srigala yaitu Big Boss Wolf terpaksa mengutus anaknya sendiri yaitu Big Bad Wolf untuk menangkap Mason dan kedua adiknya.

Sebagai langkah pertama, Big Bad Wolf datang ke rumah Sandy si bungsu. Sandy tahu bahwa srigala datang untuk memangsanya maka ia mengunci pintu rumahnya sehingga Big Bad Wolf tidak bisa masuk.
Tetapi karena rumah Sandy hanya terbuat dari jerami, Big Bad Wolf bisa meniup rumah Sandy hingga roboh. Untung Sandy bisa melarikan diri ke rumah kakaknya yaitu Richard.

Tetapi karena Rumah Richard hanya terbuat dari kayu, Big Bad Wolf kembali bisa meniupnya hingga roboh. Untung Richard dan Sandy bisa melarikan diri ke rumah si sulung yaitu Mason.
Karena rumah Mason terbuat dari tembok batu bata yang kokoh, Big Bad Wolf tidak bisa meniupnya sampai roboh.
Big Bad Wolf tidak menyerah, ia masuk ke rumah Mason melalui cerobong asap. Untung Mason tak kalah cerdik, ia segera membakar kayu di cerobong asapnya sehingga Big Bad Wolf mati terbakar.

Big Boss Wolf Sang pemimpin srigala tentu saja sangat marah dengan kematian anaknya maka ia mengumpulkan para srigala anak buahnya dan menyusun rencana untuk menangkap Mason dan kedua adiknya.
Ilmuwan para srigala yaitu Dr. Wolfowits mengemukakan sebuah ide licik yang langsung disetujui oleh para srigala. Ide licik dan gila dari Dr. Wolfowitz itu adalah meletakkan keranjang berisi bayi srigala di depan pintu rumah Mason secara diam-diam. Jika Mason bersaudara melihat bayi srigala yang lucu itu, pasti mereka akan tertarik dan mengadopsinya menjadi anak.
Setelah srigala dewasa, ia pasti memihak kaumnya yaitu para srigala sehingga mau diajak bekerja sama untuk menyembunyikan kunci rumah di kesed pintu sehingga para srigala bisa masuk ke rumah Mason dengan mudah kemudian menangkap Mason dan kedua adiknya.

Rencana Dr. Wolfowitz ternyata berhasil, Mason bersaudara sangat tertarik melihat bayi srigala yang imut-imut itu kemudian mengangkatnya sebagai anak. Mason bersaudara memberi nama bayi srigala itu Lucky kemudian merawatnya dengan penuh kasih sayang.

Mason dan kedua adiknya tidak sadar bahwa bayi yang dibesarkannya adalah srigala sehingga mereka memperlakukannya sebagai babi. Bahkan Mason bersaudara juga menyekolahkan Lucky si srigala kecil di sekolah babi.
Demikian juga dengan Lucky, karena ia diperlakukan sebagai babi, ia juga merasa bahwa ia adalah babi sehingga ketika ia diganggu oleh babi kecil teman sekolahnya yang nakal, Lucky tidak berani melawan. Padahal dengan kekuatannya sebagai srigala, Lucky sebenarnya bisa mengalahkan babi kecil yang nakal itu dengan mudah.

Sayangnya karena Lucky terlalu dimanja oleh Mason bersaudara, ia tumbuh menjadi remaja yang nakal dan tidak punya rasa hormat pada orang tua. Puncak pertengkaran Lucky dan ketiga orang tua anaknya adalah ketika Lucky membeli sebuah sepeda motor.
Mason dan kedua adiknya tentu saja menentang keinginan Lucky untuk memiliki sepeda motor karena akan membuat Lucky semakin menjadi remaja berandalan sehingga terjadilah pertengkaran yang hebat.
Begitu hebatnya pertengkaran antara Lucky dan ketiga orang tua angkatnya sehingga Mason terpaksa mengatakan bahwa Lucky bukanlah anak kandungnya tetapi hanyalah anak angkat.

Lucky tentu saja sangat terpukul ketika mengetahui ia hanyalah anak angkat sehingga Lucky lari dari rumah. Celakanya Lucky bertemu dengan para srigala anak buah Big Boss Wolf.
Lebih celaka lagi, Big Boss Wolf berhasil meyakinkan Lucky bahwa ia sebenarnya adalah srigala, bukan babi.

Big Boss Wolf juga berhasil menyuruh Lucky untuk mengkhianati orang tuanya dengan cara meletakkan kunci rumah Mason di balik kesed.
Lucky menuruti perintah Big Boss Wolf karena Big Boss Wolf tidak mengatakan bahwa ia dan anak buahnya akan masuk ke rumah Mason dan memangsanya tetapi Big Boss Wolf berkata bahwa ia akan mengadakan pesta kejutan di rumah Mason.

Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu para srigala tiba yaitu malam bulan purnama, saat mereka akan memangsa para babi.
Seperti pada perburuan sebelumnya, para srigala berhasil meniup hingga roboh rumah Richard dan Sandy yang hanya terbuat dari kayu dan jerami itu sehingga Richard dan Sandy lari ke rumah Mason yang terbuat dari tembok batu bata yang kokoh.
Karena kunci rumah Mason terletak di luar rumah yaitu di bawah kesed, para srigala bisa masuk ke rumah Mason dan menangkap mason bersaudara.

Untungnya ketika para srigala akan memasak Mason bersaudara, datang Lucky dengan sepeda motornya dan berhasil membebaskan ketiga orang tua angkatnya sehingga bisa kembali bersembunyi dengan aman di rumah Mason.
Rupanya walaupun sudah sadar bahwa dirinya adalah srigala, Lucky tetap ingat jasa-jasa para babi orang tua angkatnya yang selama ini sudah merawat dan membesarkannya dengan penuh kasih sayang.

Kali ini para srigala tidak bisa menangkap Mason bersaudara yang sudah berada di dalam rumah Mason yang terbuat dari tembok batu bata dan terkunci itu. Tetapi tiba-tiba Dr. Wolfowitz mengeluarkan senjata andalannya yaitu kipas angin raksasa yang mampu meniup rumah Mason hingga roboh.

Ketika Dr. Wolfowitz akan menyalakan kipas raksasanya, Lucky membela ketiga babi orang tua angkatnya dengan berdiri di depan pintu rumah Mason. Terjadilah pertentangan antara Dr. Wolfowitz dan Big Boss Wolf karena Dr. Wolfowitz tetap akan merobohkan rumah Mason walaupun berakibat Lucky juga ikut menjadi korban, sedangkan Big Boss Wolf  tidak ingin Lucy celaka karena bagaimanapun juga, Lucky adalah seekor srigala juga.

Big Boss Wolf berkelahi dengan Dr. Wolfowitz dan untungnya Big Boss Wolf menang sehingga Dr. Wolfowitz terlempar ke tempat yang sangat jauh karena tertiup kipas raksasa buatannya sendiri.

Ternyata Lucky tidak hanya berhasil menyelamatkan ketiga orang tua angkatnya, tetapi keberanian dan sikap berbakti pada orang tua dari Lucky sangat berkesan di hati Big Boss Wolf sehingga ia berjanji tidak akan memburu Mason bersaudara lagi.
Big Boss Wolf dan Mason menanda tangani surat perjanjian damai sehingga srigala dan babi bisa hidup berdampingan dengan damai.

Opini saya tentang film ini :
Film ini merupakan salah satu seri dari 3 serial film animasi Unstable Fables yang diproduksi oleh The Jim Henson Company, 2 film animasi lainnya adalah The Goldilocks and the 3 Bears Show dan Tortoise vs. Hare (sinopsisnya sudah saya buat di blog ini).

Menurut saya film-film Unstable Fables sangat cocok untuk anak-anak karena tidak hanya menghibur tetapi juga penuh dengan pesan moral yang mendidik.

No comments:

Post a Comment