anim-button
Untuk film non animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :

Sunday, December 26, 2010

RAPUNZEL

Genre : komedi fantasi
Sutradara : Nathan Greno,Byron Howard
Pengisi suara : Mandy Moore,Zachary Levi,Donna Murphy
Musik : Alan Menken,Glenn Slater,Alan Menken
Studio : Walt Disney Animation Studios
Tanggal rilis : 17 November 2010
Durasi : 100 menit

Jaman dahulu kala di Eropa ada sebuah kerajaan yang rajanya sedang bersedih karena permaisurinya yang sedang hamil sakit keras dan tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya.
Satu-satunya harapan sebagai obat untuk sang permaisuri adalah sebuah bunga ajaib berwarna emas dan bercahaya tetapi bunga itu dimiliki oleh seorang nenek sihir bernama Mother Gothel yang menggunakan bunga itu sebagai obat awet mudanya.
Karena tidak ada pilihan lain, Sang Raja terpaksa menyuruh para prajuritnya untuk mencuri bunga ajaib itu dari Mother Gothel.

Bunga emas itu ternyata benar-benar ajaib karena Sang Permaisuri bisa sembuh setelah minum ramuan yang dibuat dari bunga ajaib itu. Tidak hanya itu, khasiat bunga ajaib itu juga menurun pada bayi yang dilahirkan Sang Permaisuri.
Bayi perempuan yang diberi nama Rapunzel itu rambutnya berwarna emas dan bercahaya seperti bunga ajaib. Selain itu, rambut emas Rapunzel itu juga mempunyai kekuatan ajaib yaitu bisa menyembuhkan segala penyakit. Tetapi rambut emas Rapunzel itu tidak boleh dipotong karena bisa berakibat warnanya berubah menjadi hitam seperti rambut biasa dan tidak punya kekuatan ajaib lagi.
Raja dan permaisurinya tentu saja sangat bahagia karena mempunyai bayi cantik dan punya kekuatan ajaib.

Tetapi kebahagiaan raja dan permaisurinya itu segera lenyap karena Mother Gothel tentu saja sangat sakit hati karena bunga ajaib yang membuatnya awet muda itu dicuri.
Mother Gothel menculik Rapunzel kemudian menyembunyikannya di sebuah menara yang sangat tinggi.




Walaupun begitu, Mother Gothel tetap merawat dan membesarkan Rapunzel tetapi tanpa kasih sayang yang tulus karena Mother Gothel hanya butuh kekuatan ajaib dari rambut emas Rapunzel yang bisa membuatnya awet muda.
Mother Gothel mengurung Rapunzel di menara dan melarangnya keluar dengan alasan di luar banyak orang jahat yang mengincar rambut emas Rapunzel.
Dengan demikian Rapunzel hanya tinggal di menara dengan Mother Gothel dan sahabatnya yaitu seekor bunglon bernama Pascal. Selain itu, sesuai pantangannya, rambut Rapuzel tidak pernah dipotong sehingga menjadi sangat panjang.
Rapunzel berusaha menghilangkan rasa kesepiannya dengan menyanyi dan melukis.

Bagaimana dengan Raja dan permaisuri orang tua Rapunzel? Mereka tentu saja sangat sedih kehilangan anak satu-satunya.  Untuk memperingati Rapunzel, pada tiap hari ulang tahun Rapunzel, Raja dan Permaisuri menerbangkan ribuan lampion yang indah ke langit
Lampion-lampion yang terbang dengan indah di langit itu terlihat oleh Rapunzel di menaranya.

Rapunzel tentu saja sangat tertarik dengan lampion-lampion yang terbang dengan indahnya di langit itu sehingga ketika Rapunzel merayakan ulang tahunnya yang ke-18, Rapunzel minta hadiah ulang tahun berupa pergi ke luar menara ke tempat lampion-lampion yang indah itu.
Mother Gothel tentu saja menolak permintaan Rapunzel itu tetapi untuk menghibur Rapunzel, Mother Gathel berjanji akan memberi Rapunzel hadiah lain yang lebih menyenangkan dan Mother Gothel akan pergi selama 3 hari untuk berbelanja bahan-bahan yang dibutuhkan.

Di istana, 3 pencuri berhasil mencuri mahkota permaisuri dan dikejar oleh para prajurit istana sampai ke hutan. Salah seorang dari 3 pencuri itu yang bernama Flynn mengkhianati kedua temannya dan berhasil membawa sendiri mahkota permaisuri istana itu.
Untuk menghindari kejaran prajurit-prajurit istana dan kedua temannya, Flynn melarikan diri sampai jauh ke dalam hutan sehingga sampai di menara tempat Rapunzel disembunyikan.

Flynn berhasil naik menara dan masuk ke kamar Rapunzel tetapi Rapunzel memukul kepala Flynn dengan sebuah penggorengan hingga pingsan. Rapunzel juga berhasil merebut dan menyembunyikan mahkota yang dibawa Flynn.

Karena sangat terobsesi dengan lampion-lampion indah yang dilihatnya selama belasan tahun, Rapunzel memanfaatkan Flynn untuk mewujudkan mimpinya.
Rapunzel membuat perjanjian dengan Flynn yaitu Rapunzel akan mengembalikan mahkota yang dicuri Flynn jika Flynn bisa membawa Rapunzel ke tempat lampion-lampion indah yang sering dilihat Rapunzel. Karena tidak punya pilihan lain, Flynn terpaksa menyetujui perjanjian yang dibuat Rapunzel.
Rapunzel akhirnya bisa pergi dari menara bersama Flynn dan Pascal.

Perjalanan Rapunzel dan Flynn tentu saja tidak mudah karena mereka dikejar oleh 3 musuh yaitu prajurit-prajurit istana, 2 pencuri teman Flynn yang sakit hati karena telah dikhianati dan Mother Gothel.
Tetapi Rapunzel dan Flynn tetap bisa melanjutkan perjalanan karena dibantu 2 sahabat yang tadinya merupakan musuh tetapi bisa menjadi sahabat karena kecerdikan dan kebaikan hati Rapunzel yaitu
Para preman yang berada di bar yang disinggahi Rapunzel dan Flynn serta Maximus si kuda istana. Berkat bantuan mereka, Rapunzel dan Flynn bisa menghindari kejaran musuh-musuhnya dan bisa sampai di istana.

Betapa bahagia hati Rapunzel karena akhirnya bisa melihat dari dekat bahkan menyentuh lampion-lampion indah yang sebelumnya hanya bisa dilihat Rapunzel dari puncak menara. Sesuai janjinya, Rapunzel memberikan mahkota istana kepada Flynn.

Tetapi kebahagiaan Rapunzel tidak betahan lama karena gangguan dari Mother Gothel yang berhasil bersekutu dengan 2 pencuri teman Flynn. Mereka berhasil membuat jebakan sehingga seolah-olah Flynn meninggalkan Rapunzel setelah memperoleh mahkota istana, Rapunzel tentu saja sangat sedih karena selama ini ia telah jatuh cinta pada Flynn.
Lebih parah lagi, Mother Gothel membuat Rapunzel pingsan dan membawanya kembali ke menara.

Gara-gara jebakan 2 teman Flynn dan Mother Gothel, Flynn tertangkap oleh para prajurit istana dan akan dihukum mati karena mencuri mahkota permaisuri kerajaan. Untungnya berkat bantuan para sahabatnya yaitu para preman dan Maximus, Flynn bisa melarikan diri.
Dengan naik Maximus, Flynn bisa sampai ke menara tempat Rapunzel disekap.

Tetapi lagi-lagi Flynn terkena jebakan Mother Gothel, Flynn tertusuk pisau Mother Gothel dan sekarat. Rapunzel yang sudah tahu bahwa sebenarnya ia bukan anak Mother Gothel tetapi merupakan putri kerajaan karena ketika di istana sempat melihat lukisan raja beserta permaisuri menggendong bayi yang mirip wajahnya berusaha menolong Flynn dengan keajaiban rambut emasnya.

Tetapi Flynn malah memotong rambut Rapunzel karena ia tahu bahwa rambut Rapunzel adalah sumber kekuatan Mother Gothel. Rambut Rapunzel berubah menjadi hitam dan tidak lagi mempunyai kekuatan ajaib, akibatnya Mother Gothel kehilangan sumber awet mudanya sehingga berubah menjadi tua renta dan akhirnya tewas karena jatuh dari menara.

Sayangnya, karena rambut Rapunzel tidak lagi punya kekuatan ajaib, Flynn tidak tertolong dan akhirnya juga tewas. Rapunzel menangis melihat kematian pemuda yang dicintainya.
Terjadi keajaiban lagi, ternyata daya penyembuh Rapunzel bukan hanya pada rambutnya tetapi juga pada air matamya.
Air mata Rapunzel yang jatuh di luka tusuk Flynn ternyata bisa menjadi obat dan Flynn bisa hidup lagi.

Rapunzel, Flynn, Pascal dan Maximus kembali di istana dan disambut dengan gembira oleh Raja dan Permaisurinya.
Rapunzel akhirnya kembali menjadi putri kerajaan dan dinikahkan dengan Flynn.
Happy Ending... hore...

Opini saya tentang film ini :
Walt Disney kembali berhasil mengubah cerita dongeng menjadi tontonan yang luar biasa dan seperti ciri khas Walt Disney, film ini dipenuhi dengan lagu operet yang indah dan adegan-adegan lucu.
Gambarnya juga indah dan realistik sehingga saya sangat merekomendasikan film ini bagi para penggemar film animasi. Rugi kalau tidak nonton hehehe...

No comments:

Post a Comment