anim-button
Untuk film non animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :

Sunday, February 28, 2010

DANTE'S INFERNO

Sutradara : Mike Disa,Victor Cook
Pengisi suara : Mark Hamill,Victoria Tennant,Vanessa Branch,Graham Mc Tavish










Produksi :
MOI Animation,Big Star,Emation,Manglobe,Dong Woo,JM Animation,Production IG.
Tanggal rilis : 9 Februari 2010

Dante adalah seorang Knight (Ksatria/golongan bangsawan yang ikut perang) dari Italia pada Perang Salib ke-2. Jadi, Dante adalah salah satu perwira dari Raja Richard The Lionheart ketika berperang melawan Sultan Saladin untuk merebutkan Kota Suci Yerusalem pada abad 12.
Ketika berangkat berperang ke Yerusalem, Dante meninggalkan kekasihnya yang bernama Beatrice. Sebelum berangkat ke medan perang, Beatrice sempat memberi Dante sebuah salib yang konon di salib itu ada duri dari mahkota Yesus Kristus ketika disalib. Saudara Beatrice yang bernama Francesco dan ayah Beatrice ikut juga bersama Dante ke medan perang.

Ketika pulang dari perang, betapa hancur hati Dante ketika menemukan ayahnya tewas dan Beatrice sekarat karena luka parah. Dante sudah berusaha menolong Beatrice tapi gagal, Beatrice tewas.
Terjadi mukjizat karena ketika Beatrice menghembuskan nafasnya yang terakhir, Dante bisa melihat roh Beatrice keluar dari badannya. Roh Beatrice sebenarnya akan ke surga tetapi tiba-tiba datang Lucifer (setan/salah satu Malaikat Tuhan yang diusir ke neraka karena menolak untuk menyembah Adam, manusia pertama) dan membawa Roh Beatrice ke neraka.

Ternyata sebelumnya Beatrice pernah bertaruh dengan Lucifer bahwa Dante tidak akan menghianatinya, tetapi kenyataannya di Perang Salib, Dante selingkuh dengan seorang wanita yang merupakan tawanan perangnya.
Sebagai tebusannya, Beatrice harus menikah dengan Lucifer kemudian bersama-sama menjaga neraka (inferno dalam bahasa Italia).
Karena cintanya kepada Beatrice, Dante mengejar Lucifer sampai ke pintu masuk neraka.

Neraka dibagi menjadi 10 bagian yaitu Arrival (pintu masuk) dan 9 Lingkaran Inferno. Lucifer dengan Baeatrice ada di bagian terdalam yaitu Lingkaran Inferno ke-9.
Berikut ini perjuangan Dante di tiap-tiap bagian neraka :

ARRIVAL (PINTU MASUK)
  • Di tempat ini, Dante bertemu dengan roh yang biarpun tidak bisa membantunya dalam bertarung tetapi bisa memandu Dante memasuki bagian-bagian neraka, roh itu bernama Virgil.
  • Agar bisa masuk ke neraka, Dante harus bisa mengalahkan penjaga pintu masuk neraka yaitu monster bernama Charon.
  • Sebelum menghadapi Charon, Dante harus menghadapi para anak buah Charon. Dante berhasil mengalahkan anak-anak buah Charon dengan pedangnya. Tidak hanya itu, Dante bisa merebut senjatanya yaitu tongkat panjang dengan pisau berkait di ujungnya.
  • Dengan senjata rampasannya, Dante bisa mengalahkan Charon dan masuk ke lingkaran pertama inferno yaitu Limbo.

LIMBO
  • Lingkaran pertama Inferno ini berisi arwah-arwah yang semasa hidupnya bertingkah laku baik tetapi tidak mengenal Tuhan (kafir) dan arwah bayi-bayi yang meninggal.
  • Terjadi kejutan, Dante bertemu dengan arwah bayi yang merupakan anaknya. Ternyata ketika Dante berperang, Beatrice sempat hamil tetapi bayi yang dilahirkannya meninggal.
  • Agar bisa melewati Limbo, Dante harus bisa mengalahkan monster penjaganya yaitu Minos yang bertugas menempatkan arwah-arwah pendosa ke lingkaran-lingkaran inferno sesuai dosa-dosanya.
  • Dante bisa mengalahkan Minos sehingga bisa ke lingkaran inferno kedua (Lust)

LUST
  • Bagian ini berisi arwah-arwah yang berdosa melakukan percabulan dan disiksa dengan diombang-ambingkan dalam badai yang ganas.
  • Dante diingatkan Virgil bahwa ia juga punya dosa berbuat cabul. Ketika di Perang Salib, Dante akan menghukum mati seorang tawanannya. Istri tawanan itu minta suaminya dibebaskan dan sebagai upahnya, dia bersedia tidur dengan Dante. Tawaran istri tawanan itu disetujui Dante. Perbuatan tidak senonoh Dante itulah yang membuat Beatrice kalah bertaruh dengan Lucifer.
  • Dante berhasil melewati Lust setelah bertarung dengan arwah-arwah pelacur sehingga bisa ke lingkaran inferno ke-3 (Gluttony)

GLUTTONY
  • Bagian ini terdapat di dalam tubuh monster berkepala 4 yang bernama Cerberus. Agar bisa masuk ke bagian ini, Dante harus bersedia ditelan oleh Cerberus.
  • Gluttony berisi arwah-arwah yang berdosa karena terlalu rakus dan serakah dengan makanan. Arwah-arwah itu disiksa dengan direndam dalam cairan darah dan tidak mendapat makanan sehingga kelaparan selamanya.
  • Di bagian ini, Dante bertenu dengan arwah tetangganya di kota Florence bernama Ciacco. Ternyata dengan salib pemberian Beatrice, Dante bisa mengampuni dosa Ciacco sehingga arwahnya bebas dari Gluttony dan menuju surga. Ternyata salib yang ada duri dari Mahkota Yesus Kristus ketika disalib itu benar-benar bisa membawa mukjizat.
  • Dante berhasil melewati Gluttony setelah merobek jantung Cerberus sehingga dimuntahkan Cerberus keluar menuju lingkaran inferno ke-4 (Greed)

GREED
  • Bagian ini berisi arwah-arwah yang berdosa karena terlalu rakus dan serakah dengan harta. Arwah-arwah itu disiksa dengan dilindas roda-roda gigi raksasa yang terbuat dari emas.
  • Betapa terkejutnya Dante karena di bagian ini Dante bertemu dengan arwah ayahnya. Ayah Dante semasa hidupnya memang terlalu rakus dengan harta. Bahkan ayah Dante pernah memukuli Ibu Dante karena kehilangan 3 keping uang perak. Sebulan setelah itu, Ibu Dante meninggal Dunia.
  • Lebih mengejutkan lagi, Ayah Dante menantang Dante bertarung. Ternyata Lucifer sudah berjanji kepada Ayah Dante akan memberi 1000 tahun bebas dari siksaan Gluttony jika ia bisa mengalahkan Dante.
  • Dante bisa mengalahkan arwah ayahnya sehingga bisa ke lingkaran inferno ke-5 (Anger)

ANGER
  • Bagian ini berisi arwah-arwah yang berdosa karena tidak bisa mengendalikan emosi (pemarah). Arwah-arwah orang pemarah itu disiksa dengan direndam di Sungai Styx yang airnya hitam dan kotor.
  • Dante dan Virgil bisa menyeberangi Sungai Styx dengan naik monster bernama Phlegyas kemudian Dante bisa mengalahkan Monster Penjaga Anger yaitu Minotaur sehingga bisa sampai di lingkaran inferno ke-6 (City of dis)

CITY OF DIS
  • Bagian ini berisi arwah orang-orang yang menyelewengkan ajaran agama (bidat). Arwah orang-orang bidat itu disiksa dengan dibakar.
  • Dante dan Virgil tidak banyak menemui kesulitan di bagian ini dan menuju lingkaran inferno ke-7 (Violence)

VIOLENCE
  • Bagian ini berisi arwah orang-orang yang melakukan kekerasan bagi orang lain maupun dirinya sendiri. Violence dibagi lagi menjadi 3 bagian yaitu : Bagian Luar, Bagian Tengah dan Bagian Dalam.
  • Violence bagian luar berisi arwah para pembunuh dan disiksa dengan direbus dalam darah yang ditumpahkannya. Dante dan Virgil bisa melewati bagian ini dengan naik kuda terbang berkepala manusia (mirip sagitarius) bernama Nessus.
  • Violence bagian tengah berisi arwah orang-orang yang bunuh diri dan disiksa dengan menjadi akar pohon. Di bagian ini Dante menemukan arwah ibunya yang ternyata dulu bunuh diri karena tidak tahan dengan perlakuan ayah Dante. Dengan salib pemberian Beatrice, Dante bisa memberi pengampunan kepada arwah ibunya sehingga bisa naik ke surga.
  • Violence bagian dalam berisi arwah orang-orang yang membunuh orang lain dengan alasan membela agama, mereka disiksa dengan direndam dalam gurun pasir yang sangat panas.
  • Terjadi kejutan lagi karena di Violence bagian dalam, Dante bertemu dengan arwah para tentara perang salib yang sudah mati termasuk sahabatnya, Francesco. Jadi sebenarnya, pembunuhan, pembantaian atau aksi teror dengan alasan apapun (termasuk dengan alasan agama) tidak dibenarkan oleh Tuhan.
  • Francesco yang menganggap Dante sebagai penyebab dirinya berada di neraka menantang Dante bertarung. Dante bisa mengalahkan Francesco sehingga bisa masuk ke lingkaran inferno ke-8 (Fraud)

FRAUD
  • Tempat ini merupakan tempat bersatunya 3 sungai besar neraka. Bagian ini berisi arwah para penipu dan disiksa dengan berada di tempat yang sangat panas.
  • Di tempat ini Dante bisa mengetahi siapa yang membunuh ayahnya dan Beatrice, dia ternyata adalah tawanan yang dibebaskan dari hukuman mati karena istrinya bersedia tidur dengan Dante. Dia sangat sakit hati pada Dante karena meniduri istrinya kemudian balas dendam dengan membunuh orang-orang yang sangat dekat dengan Dante.
  • Dante dan Virgil bisa melewati Fraud dengan naik raksasa bersayap bernama Greyon.
  • Di lingkaran inferno berikutnya dan yang terakhir (Betrayal), Virgil tidak bisa ikut mendampingi sehingga Dante harus kesana sendirian.
BETRAYAL
  • Lingkaran inferno ke-9 ini berisi para penghianat (arwah Yudas Iskariot ada disini), arwah para penghianat itu disiksa dengan dibekukan sampai menjadi es.
  • Semua jerih payah Dante hampir sia-sia karena Beatrice akhirnya bersedia menikah dengan Lucifer. Beatrice merasa sakit hati pada Dante karena gara-gara dia, Beatrice mengalami penderitaan di neraka (inferno).
  • Setelah Dante minta maaf dengan tulus kepada Beatrice dan menunjukkan salib pemberiannya, hati Beatrice luluh juga dan bersedia memaafkan Dante. Dengan dibantu Malaikat Tuhan, akhirnya perkawinan Lucifer dan Beatrice gagal.
  • Untuk bisa keluar dari neraka, Dante harus bisa mengalahkan Lucifer. Setelah melalui pertarungan yang seru, Dante bisa mengalahkan Lucifer dengan salib pemberian Beatrice.
Biarpun Dante bisa kembali ke dunia, tetapi Dante memilih menemani arwah Beatrice. Apakah arwah Beatrice di surga? Ternyata tidak, karena sebagai manusia biasa Beatrice pasti mempunyai dosa, Beatrice untuk sementara ditempatkan di Purgatory (Api Pencucian)
Purgatory adalah tempat diantara surga dan neraka dan berisi arwah orang-orang yang berdosa tetapi masih bisa diampuni. Setelah masa hukuman di Purgatory selesai, arwah-arwah itu bisa diangkat ke surga.

Opini saya tentang film ini :
Film animasi ini diangkat dari puisi karya sastrawan Italia pada abad ke-14 bernama Dante Alighieri. Puisi itu termasuk karya sastra terbaik di Eropa pada abad pertengahan dan dianggap sebagai dasar karya sastra Italia modern. Karena itulah Dante Alighieri disebut sebagai “Bapak Sastra Italia” (jika di Indonesia mungkin bisa disamakan dengan Ismail Marzuki).

Biarpun format gambar di film ini masih 2 dimensi tetapi karena jalan cerita dan musiknya yang bagus, film ini cukup seru. Saya membayangkan jika film ini dibuat dalam format 3 dimensi, pasti film yang menggambarkan suasana neraka ini akan lebih mencekam.
Tetapi yang perlu diingat, cerita dan gambar di film animasi horor ini benar-benar khusus untuk dewasa sehingga kurang pantas ditonton oleh anak-anak.

Sumber referensi : wikipedia

3 comments:

  1. Wah...wah... baru tahu kalau ada versi filmnya nih, Mas. Jadi tertarik nonton nih :)

    ReplyDelete
  2. Iya Mbak, cari aja DVDnya. Biarpun gambarnya masih 2D tp bagus kok... tapi critanya memang agak beda dengan versi yg diceritakan Mbak Risma di FB

    ReplyDelete
  3. thanks atas sinopsi filmnya..

    ReplyDelete