Tuesday, November 24, 2009

FLUSHED AWAY

Sutradara : David Bowers,Sam Fell
Penulis : Dick Clement,Ian La Frenais
Pengisi suara : Hugh Jackman,Kate Winslet,Ian McKellen,Andy Serkis,Bill Nighy,Jean Reno,Shane Ritchie,John Motson
Musik : Harry Gregson Williams
Studio : DreamWorks Animation
Tanggal rilis : 3 November 2006
Durasi : 85 menit

Roddy adalah seekor tikus yang dipelihara oleh keluarga bangsawan di daerah Kensington Inggris. Karena dipelihara oleh keluarga bangsawan yang kaya raya, Roddy bisa hidup dalam kemewahan.
Suatu ketika Roddy ditinggal oleh keluarga yang memeliharanya untuk berlibur. Biarpun ditinggal sendirian, Roddy tetap merasa bahagia karena sudah disediakan makanan dan mainan yang lengkap.

Kebahagiaan Roddy terganggu oleh kedatangan seekor tikus got bernama Sid. Karena terbiasa hidup di lorong air yang kumuh dan kotor, Sid tentu saja tergiur dengan hidup mewah yang dirasakan Roddy. Tanpa sungkan-sungkan, Sid langsung saja merebut semua milik Roddy dan menganggap Roddy sebagai pembantunya.

Roddy tentu saja marah tetapi tidak berdaya karena tubuh Sid lebih besar dan kuat maka Roddy berusaha menyingkirkan Sid dengan tipu muslihat. Roddy menyuruh Sid berenang di sebuah kolam air mewah padahal kolam itu adalah jamban. Direncanakan setelah Sid masuk ke jamban, Roddy akan menyiramnya dengan air sehingga Sid terbawa air siraman dan kembali ke asalnya yaitu saluran pembuangan air.
Tetapi usaha Roddy gagal bahkan Sid berhasil mendorong Roddy masuk ke dalam jamban kemudian menyiramnya. Roddy terbawa air dan masuk ke dalam lorong air pembuangan.

Setelah cukup lama terbawa arus air di saluran pembuangan, Roddy sampai di tempat para tikus saluran pembuangan tinggal. Untuk bisa kembali ke Kensington, Roddy terpaksa minta bantuan kepada seorang gadis pemilik kapal bernama Jammy Dodger, nama gadis itu Rita.
Tapi ternyata Rita mempunyai masalah sendiri, Rita dan ayahnya ternyata sudah mencuri sebuah batu mulia ruby milik seekor katak yang kaya raya bernama Toad maka Roddy dan Rita diangkap oleh 2 anak buah Toad yang bernama Whitey dan Spike.

White dan Spike membawa Roddy dan Rita ke markas Toad. Tetapi Rita dengan ketangkasannya dan Roddy yang walaupun tingkahnya konyol tetapi selalu beruntung berhasil melarikan diri dari Toad. Tidak hanya itu, Rita selain berhasil membawa batu ruby juga berhasil mengambil sebuah kabel besar (master cable) dari sebuah mesin Toad. Kabel itu dipakai Rita sebagai ikat pinggang.

Toad tentu saja sangat marah 2 barangnya dicuri terutama karena master cablenya diambil mengakibatkan seluruh mesin dan alat listrik milik Toad termasuk televisi mati, padahal sebentar lagi akan disiarkan secara langsung pertandingan final sepakbola piala dunia yang sangat digemari Toad.
Toad menyuruh Whitey dan Spike mengejar Roddy dan Rita.

Setelah melalui proses kejar-kejaran di saluran air yang seru, Roddy dan Rita akhirnya berhasil lolos dari kejaran Whitey dan Spike. Tetapi setelah itu Rita merasa sangat kecewa karena Roddy berhasil membuktikan bahwa batu ruby yang dicuri Rita palsu. Padahal dengan batu ruby itu, Rita berharap dia dan keluarganya bisa hidup layak. Roddy berusaha menghibur Rita dengan mengatakan bahwa di tempat asalnya, Roddy dipelihara oleh bangsawan yang kaya raya sehingga mempunyai banyak perhiasan termasuk batu ruby. Jika Rita mau mengantar Roddy ke tempat asalnya di Kensington, Roddy akan memberi Rita salah satu ruby milik majikannya.
Akhirnya Rita menyetujui permintaan Roddy, mereka berdua dengan naik kapal Jammy Dodger berangkat ke atas menuju ke Kensington.

Sementara itu, Toad yang merasa Whitey dan Spike tidak mampu mengejar menyewa seekor katak dari Prancis bernama Le Frog untuk mengejar Roddy dan Rita.
Terjadi lagi peristiwa kejar-kejaran yang seru antara Le Frog dan anak-anak buahnya melawan Roddy dan Rita.
Le Frog memang lebih cerdas dan tangkas dibanding Whitey dan Spike, tetapi Roddy dan Rita lebih beruntung sehingga tetap bisa lolos bahkan bisa sampai di Kensington walaupun terpaksa harus merelakan kapal Jammy Dodger yang hanyut terbawa derasnya air di saluran pembuangan.

Setelah sampai di Kensington, Roddy menepati janjinya dengan memberi Rita 1 batu ruby dan 1 perhiasan emas sebagai ganti kapal Jammy Dodger. Setelah itu Rita pulang ke tempat asalnya di tempat saluran pembuangan dengan tenang dan senang. Tetapi sesampainya di rumah, Rita tertangkap oleh Toad dan Le Frog kemudian master cablenya diambil.

Sementara itu, Roddy tinggal menghadapi 1 masalah yaitu permusuhannya dengan Sid. Pada awalnya Roddy sangat tidak rela semua miliknya direbut Sid tetapi pikiran Roddy berubah ketika ia dan Sid menonton final sepakbola piala dunia yang disiarkan secara langsung di televisi.

Roddy akhirnya tahu mengapa Toad tetap mengejar-ngejar ia dan Rita padahal Toad tahu bahwa batu rubi itu palsu? Ternyata cable master yang diincar Toad, bukan hanya agar bisa menonton final piala dunia tetapi untuk rencana yang sangat jahat dan kejam.
Ternyata Toad merencanakan bahwa pada saat babak pertama final piala dunia selesai pasti banyak orang buang air sehingga saluran pembuangan akan dibanjiri air yang bisa membinasakan seluruh masyarakat tikus termasuk Rita.

Jika seluruh tikus di saluran pembuangan binasa, Toad akan menggantikannya dengan kecebong-kecebong yang merupakan anak-anaknya sehingga penghuni saluran pembuangan berganti menjadi katak-katak keturunan Toad.

Rencana Toad memang bisa dihalangi dengan adanya sebuah bendungan yang bisa menahan banjirnya air ke pemukiman para tikus tetapi Toad bisa menciptakan mesin yang bisa membuka bendungan itu dan mesin ciptaan Toad itu tidak bisa dijalankan karena cable masternya tidak ada.
Sekarang Roddy sadar bahwa Toad sudah mendapatkan cable masternya sehingga para tikus di saluran pembuangan berada di ambang kebinasaan. Maka Roddy akhirnya merelakan semua miliknya direbut Sid dan ia kembali turun ke saluran pembuangan.

Roddy berhasil bertemu lagi dengan Rita. Setelah melalui pertarungan yang seru, Roddy dan Rita dengan dibantu cacing-cacing penghuni saluran pembuangan berhasil mengalahkan Toad dan Le Frog beserta seluruh anak buahnya.
Para tikus di saluran pembuangan akhirnya bisa diselamatkan kemudian Roddy dan Rita menjadi pahlawan.
Opini saya tentang film ini :
Film ini memang cukup mengasyikkan untuk ditonton karena di film ini dipenuhi dengan adegan-adegan lucu. Terutama melihat penampilan Roddy yang keren seperti James Bond tetapi tingkahnya sangat konyol dan juga penampilan musuh-musuhnya seperti Toad, Le Frog dan tokoh-tokoh lain yang tak kalah lucunya.
Saya yakin, para penonton selama menonton film ini pasti tidak bisa menutup mulutnya karena dipaksa untuk tertawa terus seperti saya, ha…ha…ha….

3 comments:

  1. ada link downloadnya gak bro?

    ReplyDelete
  2. saya sangat suka dengan film ini, saya biasa menikmati dengan keluarga , bagus sekali, visit jogjashoppingcentre

    ReplyDelete