anim-button
Untuk film non animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :

Monday, July 6, 2009

IGOR

Sutradara : Tony Leondis
Pemain : John Cusack,Steve Buscemi,John Cleese,Jennifer Coolidge,Arsenio Hall,Sean Hayes,Eddie Izzard,Jay Leno,Molly Shannon,Christian Slater
Produksi :Metro-Goldwyn-Mayer (USA),Alliance Films (Canada),Universal Pictures (Canada),20th Century Fox (USA)
Tanggal rilis : September 19, 2008
Durasi : 87 min

Igor adalah seorang laki-laki yang mempunyai cacat yaitu bongkok di punggungnya. Igor tinggal di Kerajaan Malaria yang dipimpin oleh Raja Malbert.
Selain itu, Igor bekerja pada seorang ilmuwan bernama Dr. Glickenstein. Biarpun Igor selalu diperlakukan dengan semena-mena oleh Dr. Glickenstein dan istrinya, tetapi Igor tetap melayani Dr. Glickenstein dengan senang hati.
Sebenarnya biarpun cacat tetapi Igor mempunyai kelebihan yaitu mempunyai kecerdasan yang luar biasa, bahkan sebenarnya Igor lebih jenius daripada Dr. Glickenstein. Sebagai buktinya Dr. Glickenstein belum bisa membuat penemuan apapun tetapi Igor sudah bisa menciptakan 2 robot yaitu robot yang dibuat dari kelinci yang sudah mati kemudian diberi nama Scamper dan robot yang dibuat dari otak manusia yang sudah mati kemudian diberi nama Brian (plesetan dari Brain/otak).
Tetapi Igor selalu merahasiakan penemuannya itu kepada Dr. Glickenstein.

Suatu ketika Raja Kerajaan Malaria yang eksentrik yaitu Raja Malbert membuat sayembara aneh yaitu Evil Science Fair (Festival Penemuan Jahat). Melalui sayembara itu, Raja Malbert menyuruh semua ilmuwan di kerajaannya untuk membuat robot yang jahat kemudian robot-robot itu akan diadu kemudian pemenangnya akan diberi hadiah 1 juta dolar.
Majikan Igor yaitu Dr. Glickenstein tentu saja tergiur dengan hadiah itu kemudian berusaha membuat roket raksasa tetapi ketika roket itu jadi dan diuji coba, roket itu meledak dan menewaskan Dr. Glickenstein sendiri.

Setelah majikannya tewas, Igor bertekad mengikuti Evil Science Fair dengan membuat sebuah robot lagi. Agar robot ciptaannya bisa menang bertarung, Igor membuat ukurannya raksasa dan bahannya dipilih dari bahan yang tidak bisa dihancurkan.
Igor tentu saja sangat gembira ketika robotnya jadi dan ternyata bisa hidup. Tetapi betapa kecewanya Igor karena robot raksasa ciptaannya yang wanita itu ternyata tidak jahat dan kejam tetapi lemah lembut. Agar robot ciptaannya bisa jahat, Igor memberinya nama Evil (Iblis) tetapi robot ciptaannya mengira diberi nama Eva.
Igor tetap belum menyerah, agar robotnya bisa jahat dan kejam, Igor melakukan cuci otak pada robotnya. Tetapi hasilnya lebih mengecewakan karena terjadi kesalahan pada proses cuci otak sehingga Eva tidak hanya tetap lemah lembut tetapi juga terobsesi menjadi artis terkenal.
Akhirnya Igor menyerah dan bisa menerima robot ciptaannya apa adanya bahkan dalam perkembangan selanjutnya, Igor dan Eva bisa saling jatuh cinta.

Tetapi sayangnya ada seorang ilmuwan bernama Dr. Schadenfreude yang mengetahui penemuan Igor. Mengetahui betapa hebatnya robot Eva, Dr. Schadenfreude berniat mencuri Eva kemudian digunakan untuk mengikuti Evil Science Fair.
Dengan kecerdikannya dan juga dibantu oleh Scamper dan Brian, Igor selalu bisa menggagalkan usaha Dr. Schadenfreude dan Jacklyn kekasihnya untuk mencuri Eva.
Tetapi akhirnya Dr. Schadenfreude menemukan cara licik untuk merebut Eva. Dr. Schadenfreude menyuruh Jacklyn untuk menyamar sebagai istri Dr. Glickenstein kemudian dibuat seolah-olah selingkuh dengan Igor dihadapan Eva.
Eva yang patah hati akhirnya bersedia meninggalkan Igor kemudian mengikuti Dr. Schadenfreude. Apalagi Dr. Schadenfreude berjanji untuk membuat Eva menjadi artis terkenal.
Dan yang lebih parah lagi, Dr. Schadenfreude berhasil menyebar fitnah bahwa Igor yang membunuh Dr. Glickenstein. Karena itu akhirnya Igor dipenjara oleh Raja Malbert.

Perkembangan berikutnya makin parah lagi karena Dr. Schadenfreude berhasil melakukan provokasi kepada Eva sehingga Eva bisa berubah menjadi robot yang jahat dan kejam. Sekarang Eva telah menjadi Evil, dan pada Evil Science Fair, Eva atau Evil berhasil mengalahkan robot-robot lain dalam suatu pertarungan yang seru.
Dr. Schadenfreude berhasil menjadi juara Evil Science Fair. Tetapi Dr. Schadenfreude yang serakah ternyata tidak puas hanya dengan mendapat 1 juta dolar. Dr. Schadenfreude ternyata juga berniat menjadi raja. Dengan dibantu Eva/Evil, Dr. Schadenfreude berhasil menggulingkan Raja Malbert dan mengangkat dirinya sebagai Raja Malaria yang baru.

Untunglah berkat kerja keras Scamper dan Brian, Igor bisa melarikan diri dari penjara kemudian datang ke Evil Science Fair.
Dengan susah payah Igor berhasil meyakinkan Eva bahwa ia adalah robot yang baik dan bukan robot yang kejam, akhirnya Evil bisa kembali menjadi Eva.
Dengan kerjasama yang baik, Igor, Eva, Scamper dan Brian bisa menggagalkan usaha Dr. Schadenfreude yang licik dan jahat untuk menjadi raja.

Opini saya tentang film ini :
Setelah menonton film ini, ada satu pesan yang bisa saya tangkap yaitu jangan merasa rendah diri atau kecil hati jika mempunyai kekurangan karena dibalik kekurangan pasti ada kelebihan. Pada film ini dicontohkan bahwa Igor biarpun mempunyai cacat fisik ternyata juga punya kelebihan yaitu kecerdasan yang luar biasa.

Sebagai bukti lain, komponis legendaris yang hidup pada abad ke-18 yaitu Ludwig Van Beethoven ternyata bisa menghasilkan karya-karya musik yang hebat dan terkenal sampai sekarang, padahal ia tuli. Kontradiktif sekali kan?
Ingat juga dengan Stevie Wonder (penyanyi terkenal yang buta sejak lahir) atau Stephen Hawking (ilmuwan lumpuh yang bisa meraih nobel).

Jadi manusia sehebat apapun pasti tidak ada yang sempurna, maka jangan hanya karena mempunyai kekurangan kemudian menghalangi niat untuk berkarya, OK..?










Gambar diambil dari : wikipedia.org

No comments:

Post a Comment