anim-button
Untuk film non animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :

Saturday, March 7, 2009

HORTON HEARS A WHO

Sutradara : Jimmy Hayward,Steve Martino
Penulis : Dr. Seuss,Ken Daurio,Cinco Paul
Studio : Blue Sky Studios
Pemain/pengisi suara : Jim Carrey,Steve Carell,Amy Poehler,Jesse Mc Cartney,Carol Burnet,Selena Gomes,Samantha Droke
Tanggal rilis : 14 Maret 2008
Durasi : 86 menit

Horton adalah seekor gajah yang tinggal di hutan Noon. Biarpun sering bertindak konyol, Horton disukai teman-temannya karena sifatnya yang baik hati dan periang. Suatu ketika dengan telinga gajahnya yang lebar, Horton mendengar teriakan minta tolong dari sebutir debu. Horton yang baik hati menganggap ada mahkluk hidup di debu itu dan menyimpan debu itu pada sebuah bunga rumput. Horton selalu membawa debu dalam bunga rumput itu kemana-mana dan mengajak bicara seolah-olah benar-benar ada kehidupan di rumput itu. Teman-teman Horton tentu saja tidak percaya dengan anggapan Horton tentang debu itu tetapi mereka tidak terlalu menghiraukannya karena sudah terbiasa dengan tingkah laku Horton yang konyol.

Tetapi sebenarnya di dalam debu itu memang ada mahkluk hidup yaitu mahkluk mikroskopis yang bernama Who. Wilayah yang ditempati para mahkluk Who bernama Who Ville dan dipimpin oleh seorang walikota (Major) bernama Major Ned McDodd.
Major McDodd mempunyai istri bernama Sally dan mempunyai 97 anak yang terdiri dari 96 anak perempuan dan seorang anak laki-laki bernama Jojo. Jojo selalu kesepian karena tidak punya saudara laki-laki.

Para mahkluk Who juga tidak menyadari bahwa mereka tinggal di dalam sebutir debu dan sedang dibawa oleh seekor gajah. Jadi sebenarnya para mahkluk Who dalam keadaan bahaya besar karena debu yang ditinggali selalu terbang ditiup angin dan bisa saja terjatuh dalam kondisi yang berbahaya seperti dalam air, para mahkluk Who bisa langsung musnah.
Untunglah di rumah Major McDodd ada sebuah pipa besar yang berbentuk terompet. Dari pipa besar itu Major McDodd bisa mendengar ketika Horton berbicara. Dan ternyata jika Major McDood berbicara melalui pipa besar itu, Horton bisa mendengarnya.
Dengan media terompet besar itu Major McDodd dan Horton berkomunikasi.
Biarpun tidak bisa saling melihat, mereka bisa bersahabat dengan akrab.

Dari Horton, Major McDodd bisa mengetahui tentang keadaan bahaya dunia debunya. Horton yang baik hati segera bertekad menyelamatkan para mahkluk Who dengan menempatkan Debu itu pada tempat yang aman. Setelah berusaha kemana-mana akhirnya Horton menemukan tempat yang sangat aman bagi debu mahkluk Who yaitu di puncak Gunung Noon.
Perjalanan ke puncak Gunung Noon tentu saja sangat merepotkan dan berbahaya bagi seekor gajah tetapi Horton pantang menyerah demi sahabatnya para mahkluk Who.

Major McDodd sebenarnya sudah memberitahu rakyatnya para mahkluk Who tentang Horton dan bahaya yang mengancam dunia debunya tetapi rakyatnya tidak percaya.
Selain itu ada masalah yang lebih besar yaitu dari seekor kanguru yang bernama Kangoroo. Kangoroo mempunyai anak kecil bernama Rudy dan menganggap tingkah Horton yang selalu berbicara dengan debu sebagai tindakan gila dan berbahaya bagi perkembangan jiwa anaknya Rudy dan anak-anak binatang lain.
Maka Kangoroo selalu menghasut teman-temannya agar menjauhi Horton dan yang lebih parah, Kangoroo menyuruh temannya seekor burung Condor bernama Vlad untuk merebut bunga tempat debu yang selalu dibawa Horton.

Puncak dari semua masalah terjadi. Karena usaha merebut debu Horton melalui Vlad gagal, Kangoroo menghasut teman-temannya untuk menangkap Horton dan merebus bunga rumputnya yang berisi mahkluk Who.
Kangoroo dan semua penghuni hutan berhasil menangkap Horton dan siap merebus bunga rumputnya. Biarpun Major McDodd yang dibantu anaknya Jojo berhasil membuat para rakyatnya percaya kepada Horton dan bahaya dunia debunya, masalah belum selesai karena teman-teman Horton belum percaya bahwa di dalam debu itu ada mahkluk hidupnya.
Seluruh mahkluk Who berusaha membuat suara sekeras-kerasnya agar bisa didengar oleh teman-teman Horton sehingga tidak jadi direbus tetapi hanya telinga sebesar telinga gajah yang bisa mendengarnya.
Dan ternyata semua masalah bisa diselesaikan dengan baik oleh pihak yang tidak terduga-duga yaitu Rudy anak Kangooro. Bagaimanakah itu? Saya persilahkan untuk menonton sendiri film animasi yang lucu dan seru ini.
Opini saya tentang film ini :
Film ini adalah film terbaru dari Blue Sky Studios setelah film Ice Age 2. Dari segi penataan alur cerita, film ini memang belum bisa dibandingkan dengan film Walt Disney pada umumnya, sehingga film yang hanya berdurasi 86 menit ini jadi terasa lebih lama.
Tetapi dari segi gambar atau desain grafis, film ini tak kalah dengan Walt Disney. Gambar-gambarnya terasa indah dan realistik. Selain itu saya bisa cukup terhibur dengan tingkah Horton yang kocak tapi baik hati ini.

1 comment:

  1. Ya... tapi orang Yahudi mendominasi uang yang berputar di olahraga bung, hehehehe..... Btw, dah nonton film Awake-nya Jessica Alba belum..??? Dibahas dunk....

    ReplyDelete